detikHot

book

e-Book Ilegal di Antara Hari Buku Sedunia dan Pandemi COVID-19

Kamis, 23 Apr 2020 08:16 WIB Tia Agnes - detikHot
Hari Buku Sedunia 2020 Foto: detikcom
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membawa dampak besar bagi perkembangan industri kreatif Tanah Air. Di tengah Corona yang semakin mewabah di Indonesia, pembajakan buku digital atau e-Book marak terjadi.

Di dunia maya, ada banyak link unduhan e-Book yang bebas di-download oleh siapa pun dengan dalih menemani waktu Work From Home dan belajar di dalam rumah. Eit, kamu harus hati-hati ya!

Di perayaan Hari Buku Sedunia yang senyap, mari membahas kembali mengenai e-Book ilegal yang bertebaran sejak pertengahan bulan lalu. Tindakan mengunduh buku Pdf pun tak ketinggalan semakin memprihatinkan.



Isu ini mencuat ketika Tere Liye mengeluhkan hal tersebut di laman Facebook pribadinya. Ia membagikan tindakan tak etis dari masyarakat dengan mengunduh link buku Pdf maupun e-Book secara tak resmi.

"Ada dua jalur cara mengunduh e-Book yang resmi. Pertama, lewat aplikasi Google Play Store dan aplikasi iPuspas kepunyaan Perpustakaan Nasional RI secara gratis," tulis Tere Liye.

"Di luar dua jalur ini, maka semuanya bajakan, mencuri, ilegal. Termasuk yang dishare di whatsapp, Line, website, dsdbgnya, itu mencuri. eBook resmi HANYA bisa dibaca di aplikasi, tdk bisa kalian pinjamkan. Siapapun yg punya file pdf-nya, dia jelas telah mengambil secara ilegal dari aplikasi. Dia copot paksa dari aplikasi. Ibarat maling, dia mengambil paksa harta tsb di rumah orang lain, lantas bergaya seolah mulia, dia bagikan," sambungnya lagi.

Baca juga: Viral Maraknya Kasus e-Book Ilegal di Tengah Pandemi Corona

Tindakan mengunduh e-Book ilegal juga mendapatkan kecaman dari penulis, penerbit, dan pelaku industri buku lainnya. Banyak pihak yang menyayangkan hal tersebut di saat pandemi Corona.

"e-Book resmi itu menjadi sumber pendapatan bagi penulis, kreator, dan industri yang ada di belakangnya," ujar Public Relations Gramedia Pustaka Utama (GPU), Dionisius Wisnu.

Bertepatan dengan Hari Buku Sedunia, Live IG akun @detikcom pukul 15.00 WIB menghadirkan narasumber Dee Lestari. Tonton di akun Instagram @detikcom.




Simak Video "Kata Dee Lestari Soal e-Book Ilegal di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Hari Buku Sedunia
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com