Cara Membuat Puisi Buat Kamu yang Lagi Belajar di Rumah

Tia Agnes, Tia Agnes - detikHot
Rabu, 22 Apr 2020 17:21 WIB
Pasar buku bekas di Jalan Palasari, Kota Bandung, menjadi salah satu tujuan warga mencari sumber literature pendidikan. Buku-buku di sini dijual dengan harga terjangkau.
Foto: Satria Nandha
Jakarta -

Puisi menjadi bahan ajar utama selain mengarang bebas di pelajaran bahasa Indonesia. Bagi anak sekolah, cara membuat puisi terasa sulit padahal bisa diasah sejak dini.

Bagaimana cara membuat puisi bagi kamu yang kepengin belajar? Berikut beberapa teknik, seperti dirangkum detikcom:

1. Pilihlah Tema yang Tepat

Sama halnya dengan teknik cara mengarang bebas, sebelum membuat puisi sebaiknya memilih tema terlebih dahulu. Ada berbagai tema yang bisa dipilih, misalnya keluarga, persahabatan, lingkungan, nasionalisme, cinta kasih, sampai hal yang bisa membuatmu terinspirasi.

2. Buat Diksi dan Rima

Setelah tema dipilihlah, buatlah puisi yang sesuai dengan diksi dan rima. Kata-kata yang selaras dan benar artinya menjadi kunci dari cara membuat puisi.

Rima adalah pengulangan bunyi di awal maupun akhir bait. Sedangkan diksi adalah pilihan kata yang selaras. Jangan sampai terkecoh ya!



3. Pilihlah Kata yang Pas

Setiap ekspresi yang terjadi di sekitarmu, bisa dijadikan puisi. Kata-kata adalah kuncian dari cara membuat puisi. Pilihlah kata yang pas untuk menggambarkan ekspresi kamu.

4. Judul yang Menarik

Setelah memilih tema, diksi, rima, dan pilihan kata-kata yang pas, kini gilirannya memilih judul yang menarik. Judul menjadi elemen penting dari cara membuat puisi dan cara mengarang bebas, karena judul adalah pintu gerbang pembaca.

5. Koreksi Kembali

Setelah puisi selesai, endapkanlah dahulu karyamu. Tunggu beberapa saat lalu koreksi kembali. Perbaiki kesalahan pengejaan sampai metafora untuk puisimu.

Selamat membuat puisi!



Simak Video "Wawan Team Lo Bikin Puisi Kemerdekaan Vs Corona di HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)