Kosasih Day, Mengingat Kembali Sosok Bapak Komik Indonesia

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 04 Apr 2020 16:19 WIB
RA Kosasih, Bapak Komik Indonesia
Foto: Istimewa
Jakarta -

Setiap tanggal 4 April, industri komik Indonesia merayakan hari lahir dari RA Kosasih. Lewat Kosasih Day, mari mengingat kembali sosok Bapak Komik Indonesia hari ini.

1. RA Kosasih Pencipta Superhero Pertama di Indonesia

Raden Ahmad Kosasih lahir pada 4 April 1919 di Desa Bodongan, Bogor, Jawa Barat. Sejak kecil, RA Kosasih gemar menggambar dan punya minat di seni. Usai menyelesaikan sekolah di Hollandsch Inlands School (HIS), RA Kosasih bekerja sebagai juru gambar.

Pada 1954, ia menciptakan karakter Sri Asih. Superhero pertama yang dibuat oleh komikus Tanah Air. Karakternya pun dikenal sampai sekarang, dan di versi layar lebar nanti bakal dimainkan oleh Pevita Pearce.



2. RA Kosasih Tulis Komik soal Wayang

Komikus Is Yuniarto menuturkan sosok RA Kosasih penting bagi industri komik Indonesia.

"RA KOSASIH jadi penting karena dia membuat komik wayang, menyadur dari cerita wayang Mahabarata dan Ramayana, mempopulerkannya dan membuat komik wayang. Di eranya akhirnya banyak komikus yang bikin komik wayang juga," tutur Is Yuniarto ketika dihubungi detikcom, Sabtu (4/4/2020).

Komik wayang 'Mahabharata' pun dibuat RA Kosasihs ebanyak 26 jilid. Untuk memuat satu buku setebal 42 halaman, ia butuh waktu selama satu bulan. Setelah 'Mahabharata', RA Kosasih merilis komik 'Ramayana', 'Bharatayudha', 'Pendawa Seda', 'Parikesit', dan 'Udayana'.



3. RA Kosasih Pertama Bikin Komik Cetak

Dalam sejarah industri komik, awalnya komikus merilis komik strip di surat kabar maupun majalah, tapi RA Kosasih yang pertama kali menerbitkan dalam bentuk cetak.



Simak Video "Membawa Misi Kebudayaan, Jagoan Komik Indonesia Hadir dalam Prangko"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)