Marchella FP Sebut Banyak Pembaca Tak Paham e-Book Ilegal Melanggar Hak Cipta

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 01 Apr 2020 18:00 WIB
Penulis Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Maraknya pembajakan e-Book di dunia maya membuat Marchella FP turut bersuara. Sejak awal penerbitan buku 'Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini' rilis, fenomena e-Book ilegal sudah ada.

"Sampai kemarin DM aku kok ramai ya, baru dibahaslah, yang aku tangkap banyakan dari mereka nggak paham. Nggak sengaja melakukan itu, nggak paham kalau itu ilegal dan melanggar hak cipta," tutur Marchella FP ketika dihubungi detikcom, Rabu (1/4/2020).

Menurut penulis 'Kamu Terlalu Banyak Bercanda', tugasnya sekarang adalah mengedukasi dan menjelaskan kepada para pembaca.



"Aku mencoba menjelaskan nggak bahas soal hukumnya tapi lebih ke logika aja. Di baliknya seperti apa, banyak yang share juga minta maaf karena ternyata selama ini, itu nggak boleh, sama halnya dengan download lagu sembarangan," tutur Marchella FP.

Maraknya pembajakan e-Book yang beredar di media sosial di tengah pandemi Corona membuat beberapa penulis dan penerbit geram. Marchella FP yang menyesalkan tindakan tersebut, berusaha membantu dengan memberikan pemahaman.

"Positifnya sih minat baca tinggi dan daya beli yang kurang. Sudah pasti yang aku lakukan edukasi ya soal hak cipta karya. Aku ngambilnya nggak secara emosional, tapi ambil pemahaman soal IP atau hak cipta," tukasnya.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "Kata Dee Lestari Soal e-Book Ilegal di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)