detikHot

book

Google Doodle Hari Ini Beri Penghormatan pada Sastrawan NH Dini

Sabtu, 29 Feb 2020 10:15 WIB Tia Agnes - detikHot
Google Doogle NH Dini Foto: Google Doogle NH Dini
Jakarta -

Sosok sastrawan NH Dini muncul menjadi Google Doodle hari ini. Merayakan hari kelahiran novelis 'Pada Sebuah Kapal', wajahnya bakal menghiasi laman pembuka Google sepanjang hari.

Ilustrasi NH Dini digambar oleh seniman Kathrin Honesta. Dilihat dari gambar Google Doodle hari ini, wajah NH Dini yang dikenal berkacamata menggantikan huruf O di logo Google.

Ia tampak sedang menulis di lembaran berwarna hijau toska hingga biru muda. Huruf O lainnya di kata Google menggambarkan lautan yang cerah dan ada dalam salah satu novelnya 'Pada Sebuah Kapal'.

Perempuan bernama lengkap Nurhayati Sri Hardinia Siti Nukatin adalah seorang sastrawan kelahiran Semarang, Jawa Tengah, pada 29 Februari 1936. Ia menikah dengan pria berdarah Prancis, Yves Coffin, pada 1960.

"Sastra sebenarnya adalah makanan bergizi untuk jiwa dan pikiran manusia. Ini adalah fondasi dasar kemanusiaan, cerminan masyarakat, realitas, pengetahuan, dan kebijaksanaan," kata novelis NH Dini dilansir dari laman Google, Sabtu (29/2/2020).

Selepas bercerai dari Yves Coffin, ibunda dari sutradara 'Despicable Me', Pierre-Louis Padang Coffin, mengabadikan hidupnya untuk menulis.

Ia telah menerbitkan lusinan novel, cerita pendek, puisi, sepanjang 60 tahun kariernya. Melalui karya-karyanya seperti 'Pada Sebuah Kapal' (1985), 'Namaku Hiroko' (1986), fiksi-fiksi NH Dini terus mengutamakan persoalan perempuan.




Simak Video "Google Doodle Kenang Sang Pelopor Cuci Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/aay)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com