detikHot

book

'Jojo Rabbit' yang Masuk Oscar 2020 Terinspirasi Novel 'Caging Skies'

Jumat, 07 Feb 2020 17:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Novel Caging Skies karya Christine Leunens Foto: Istimewa
Jakarta -

Film 'Jojo Rabbit' yang disutradarai oleh Taika Waititi masuk dalam nominasi Best Picture di ajang Oscar 2020. Tahukah kamu ternyata filmnya terinspirasi dari novel 'Caging Skies' karya Christine Leunens?

'Jojo Rabbit' menceritakan tentang seorang anak Jerman yang tumbuh besar di era Perang Dunia kedua yang kesepian dan mendukung Nazi. Ia punya teman khalayan berwujud Adolf Hitler.

Gagasan sutradara 'Thor' mengadopsi cerita dari novel karya Christine Leunens dimulai dari ibunda Taika Waititi. Dalam buku itu, seorang anak bernama Johannes Betzler mengetahui orang tuanya diam-diam anti dengan Nazi dan menyembunyikan perempuan Yahudi bernama Elsa di loteng mereka.



Novelis 'Caging Skies' menceritakan ia menulis buku setelah bertemu dengan perempuan asal Prancis yang keluarganya menampung pria Yahudi selama perang. Perempuan itu akhirnya menikah dengannya.

Leunens mengatakan ia selalu merasa ada sesuatu di dalam rumah. Dia ternyata baru mengetahui ada seseorang yang bersembunyi di dalam rumah.

"Hubungan yang akhirnya Anda miliki dengan orang itu," ungkap Leunens.

Meski Waititi menambahkan banyak unsur di dalam cerita filmnya, ia mengaku novel 'Caging Skies' merupakan sebuah ironi. "Waititi mengirimiku skenario dan berkata, 'ini masih bayimu' hanya punya pakaian yang berbeda," ungkap sang novelis.




Simak Video "Brie Larson Pergoki Taika Waititi Simpan Piala Oscars di Bawah Bangku"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com