detikHot

book

Penulis 'American Dirt' Dapat Ancaman Fisik karena Novel Kontroversialnya

Senin, 03 Feb 2020 16:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Novel American Dirt Foto: Istimewa
Jakarta -

Novel 'American Dirt' yang terbit pekan lalu di Amerika Serikat menuai kontroversi. Sang novelis, Jeanine Cummins, pun mendapatkan ancaman kekerasan fisik usai karyanya rilis.

Penerbit Flatiron Books mengumumkan tur buku 'American Dirt' dibatalkan. Mereka juga menegaskan novelis dan penerbit mendapatkan ancaman kekerasan fisik.

"Ada beberapa ancaman kekerasan fisik yang dilontarkan kepada kami (penerbit) dan penulis. Kami percaya ada bahaya bagi keselamatan penulis kami," tulis Bob Miller dari pihak penerbit, seperti dilansir dari EW.



Penerbit juga mengaku terkejut dengan adanya kontroversial novel tersebut. Mereka merasa gagal memberikan perspektif yang luas terhadap 'American Dirt'.

"Kami mengaku keterbatasan kami sendiri. Diskusi di sekitar buku menampilkan ketidakmampuan yang mendalam masyarakat terhadap isu tersebut," katanya.

Oprah Winfrey pun diserang habis-habisan oleh 82 penulis karena ia mendukung penerbitan novel 'American Dirt. Surat petisi yang disematkan kepada Oprah juga pernah terjadi kepada Salma Hayek.




Simak Video "Sembuh dari Corona, Pangeran Charles Cerita Rasanya Diisolasi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com