detikHot

book

Buku Mini Rp 10,8 M Pulang Kampung ke Inggris

Senin, 03 Feb 2020 13:45 WIB Tia Agnes - detikHot
MIniatur novel karya Charlotte Bronte Foto: BBC/ Istimewa
Jakarta -

Buku mini yang ditulis oleh Charlotte Brontë akhirnya pulang kampung ke Inggris. Buku senilai Rp 10,8 miliar karya novelis 'Jane Eyre' itu dipajang untuk pertama kalinya.

Buku langka itu hanya seukuran kotak korek api. Kurator museum menuturkan buku tersebut tiba di Inggris dari rumah lelang di Paris pekan lalu.

Ditulis oleh Bronte pada usia 14 tahun, bukunya punya 20 halaman dan berisi 3 cerpen. Ini adalah salah satu dari 6 buku mini yang ditulis penulis 'Jane Eyre' sejak kematiannya pada 1855.



Ann Dinsdale, kurator museum di Inggris, mengatakan pihak museum telah menunggu selama 30 tahun dan belum pernah merasa seemosional itu.

"Beberapa dari kami menangis dan kami telah bekerja sangat lama dan keras untuk mewujudkan karya Charlotte Brontë di Inggris," ujarnya dilansir dari Guardian, Senin (3/2/2020).

Di dalam buku mini itu terdapat 3 cerpen yakni 'A Letter from Lord Charles Wellesley', 'The Midnight Song', dan 'Journal of a Frenchman'.

Salah cerita menginspirasi terbitnya novel 'Jane Eyre' yang diterbitkan Bronte 17 tahun berikutnya. Karya novel miniatur itu diciptakan novelis klasik zaman keemasan Inggris ketika Charlotte mendokumentasikan dunia imajiner keluarga Glass Town.




Simak Video "Novel Baswedan Kembali Bercerita soal Kasus Penyiraman Air Keras"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com