detikHot

book

Andrea Hirata Segera Rilis Karya Ke-12 Berjudul 'Guru Aini'

Kamis, 23 Jan 2020 10:52 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/ detikHOT Andrea Hirata Segera Rilis Karya Ke-12 Berjudul 'Guru Aini'
Jakarta -

Andrea Hirata segera menerbitkan karya terbaru yang ke-12 berjudul 'Guru Aini'. Bukunya tersebut mengusung tema tentang dunia pendidikan Tanah Air.

Buku 'Guru Aini' merupakan prekuel dari novel sebelumnya yang berjudul 'Orang-orang Biasa'. Tapi bukan tentang Bu Guru Aini yang diceritakan namun soal guru pelajaran matematika yang bernama Bu Desi.

"Sebuah novel yang membahas tentang pendidikan, kecerdasan dan pengorbanan. Kisah seorang gadis pintar dan cantik dengan idealismenya menjadi guru matematika. "Negeri ini kekurangan guru matematika, Bu. Terutama di kampung-kampung"," tulis Penerbit Bentang Pustaka, seperti dikutip detikcom, Kamis (23/1/2020).



Penggalan kalimat Bu Desi yang paling diingat Andrea Hirata. Berikut sinopsis buku terbaru Andrea Hirata:

Konon, berdasarkan penelitian antah berantah, umumnya idealisme anak muda yang baru tamat dari perguruan tinggi bertahan paling lama 4 bulan. Setelah itu mereka akan menjadi pengeluh, penggerutu, dan penyalah seperti banyak orang lainnya, lalu secara menyedihkan terseret arus deras sungai besar rutinitas dan basa-basi birokrasi lalu tunduk patuh pada sistem yang buruk.

Dalam kenyataan hidup seperti itu, seberapa jauh Bu Desi berani mempertahankan idealismenya menjadi guru matematika di sekolah pelosok?

Dalam buku ini, profesi guru dijabarkan dengan detail. Sosok Bu Desi yang gigih mengajari Aini sampai pandai matematika. Serta bagaimana Bu Desi bertahan sampai ke pelosok dan jauh dari ketenaran.

[Gambas:Instagram]




Simak Video "Andrea Hirata Sering Ditawari Miliaran Rupiah untuk Filmkan Novelnya"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com