Biografi Pendiri Taman Safari Indonesia Rilis Akhir Pekan Ini

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 12 Des 2019 15:14 WIB
Foto: GPU/ Istimewa
Jakarta - Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) bakal merilis buku biografi pendiri Taman Safari Indonesia. Biografinya berjudul 'Tiga Macan Safari: Kisah Sirkus Ngamen Sebelum Permanen'.

Tak sekadar biografi biasa, namun buku ini mengungkap perjuangan keluarga Hadi Manansang bersama tiga putranya dalam membangun Taman Safari Indonesia. Kisahnya bermula pada tahun 1970-an.

Saat itu, pengelola kebun binatang di Indonesia sedang menghadapi masa sulit dalam pengelolaan dan pendanaan untuk menghidupi ratusan ekor satwa di kebun binatang. Keluarga Hadi Manansang pun mulai membangun dengan konsep taman safari yang luas.



"Berawal dari Oriental Circus Indonesia, kami memelihara satwa yang merupakan makhluk ciptaan Tuhan dengan kasih sayang," tutur Jansen Manansang, dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Biografi Pendiri Taman Safari Indonesia Rilis Akhir Pekan Ini Foto: GPU/ Istimewa


Dari situ, satwa-satwa itu berhasil berkembang biak dengan baik sampai membuat keluarga tersebut mendirikan Taman Safari Indonesia.

"Hal inilah yang kemudian membuat kami berpikir untuk melestarikan mereka dalam satu kawasan alami yang pada akhirnya dikenal dengan Lembaga Konservasi Taman Safari Indonesia yang berada di Cisarua, Bogor, Jawa Barat," lanjutnya.

Cerita mengenai pendirian Taman Safari Indonesia terangkum dalam buku 'Tiga Macan Safari' yang bakal diluncurkan akhir pekan ini pada Sabtu (14/12) di Jakarta Aquarium, Neo Soho, Jakarta Barat.



Simak Video "Cerita Suka Duka Para Keeper Hewan di Taman Safari Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)