detikHot

book

Laksmi Pamuntjak Riset soal Lukisan Indonesia untuk Novel 'Fall Baby'

Jumat, 06 Des 2019 06:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Laksmi Pamuntjak (Tia Agnes/detikcom) Foto: Laksmi Pamuntjak (Tia Agnes/detikcom)
Jakarta - Novel 'Fall Baby' yang diterbitkan Penguin Random House SEA memuat beberapa fakta tentang pelukis-pelukis Indonesia. Bagaimana riset Laksmi Pamuntjak menggali hal tersebut?

Ditemui usai peluncuran novel 'Fall Baby', Laksmi menceritakan melihat lukisan adalah hal yang disukainya.

"Hanya lukisan yang mengetuk hati saya saja, nggak ada juntrungannya. Yang bagi saya menyentuh untuk ditampilkan di dalam novel," katanya di Kinokuniya Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Ketika tinggal di Berlin, Jerman, Laksmi kerap bepergian ke berbagai museum dan galeri seni. Lukisan dan dunia seni rupa adalah bagian personal yang sengaja dimasukkan ke dalam novel ketiganya tersebut.

Salah satu lukisan karya pelukis Indonesia yang diceritakan Laksmi adalah I Gusti Ayu Kadek (GAK) Murniasih asal Bali. Karya penuh simbol gender laki-laki dan perempuan dalam karya-karyanya mengugah perasaan Laksmi.



"Sangat grafis, berani, dan lukisan bikin saya kepikiran. Dia bebas sekali dengan tubuhnya, punya integritas tentang tubuhnya, dia merdeka, punya cara untuk menyampaikan gagasannya. Menginspirasi saya untuk menciptakan eksibisi pameran fictional tentang itu," lanjutnya.

Novelis 'Aruna dan Lidahnya' itu juga menyebutkan nama lainnya. Ada lukisan Djoko Pekik, karya S.Sudjojono soal istri pertamanya Mia Bustam hingga pelukis Umi Dahlan. Ia adalah murid dari maestro lukis Sadali dan eksis di aliran abstrak ekspresionisme.

Lewat novel 'Fall Baby' atau sekuel novel 'Amba', Laksmi ingin menyampaikan sosok perempuan yang berani pada pembacanya.

"Perempuan yang berani menjadikan dirinya sebagai subyek dari kisah hidupnya sendiri. Perempuan yang merasa merdeka, independen, dan punya pendapatnya sendiri," pungkasnya.




Simak Video "Tutorial Lucu #AnysongChallenge Milik Zico yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com