detikHot

book

Laris Manis, Banyak Pembaca Indonesia Tertarik Baca Novel 'Kim Ji-Yeong'

Jumat, 29 Nov 2019 16:14 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Kim Ji Young, Born 1982 (dok. IMDB) Foto: Kim Ji Young, Born 1982 (dok. IMDB)
Jakarta - Novel 'Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982' menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Versi bahasa Indonesia novelnya resmi terbit dan sudah cetak ulang yang kedua kalinya.

Karya yang ditulis novelis asal Korea Cho Nam Joo itu menuai kontroversi di negeri Ginseng sejak rilis pada 2016. Apa sih kelebihan dari novel tersebut?

Editor Fiksi Gramedia Pustaka Utama (GPU), Didiet Prihastuti, menuturkan novel ini sudah sejak lama dinantikan pembaca Indonesia.

"Kalau dari grup di Goodreads Indonesia, mereka sudah lama penasaran sama buku itu. Terbit di Korea kan 2016, terus personel Red Velvet yang baca itu dihujat karena mengusung feminisme. Cuma karena versi bahasa Inggris belum ada, mereka belum bisa baca. Versi bahasa Indonesia kan keluar duluan," tutur Didiet ketika dihubungi detik.com.



Versi bahasa Inggris dari novel tersebut baru rilis pada Februari 2020. "Begitu keluar bahasa Indonesia-nya, ya mereka sudah nungguin. Apalagi filmnya keluar barengan, yang main Gong Yoo pula," ujarnya.

Laris Manis, Banyak Pembaca Indonesia Tertarik Baca Novel 'Kim Ji-Yeong'Foto: GPU/ Istimewa


Isu yang dianggap pun, lanjut Didiet, sangat berhubungan dengan dunia perempuan. Sebagian besar perempuan pernah ada di posisi Kim Ji-Yeong.

"Merasakan pelecehan mulai dari yang kecil-kecil itu. Susahnya bangun karier cuma karena jadi perempuan. Harus berusaha dua kali lipat dari lelaki untuk bisa 'dilihat'," lanjutnya.

Dia pun menambahkan, "Karena aku lahir bareng Kim Ji-Yeong, aku jadi bisa membandingkan timeline Korea dan Indonesia (Jakarta, khususnya) dan merasa bersyukur. Sekacau-kacaunya sistem patriarki di Indonesia, Korea jauh lebih parah ternyata," pungkasnya.




Simak Video "Gisel Gagal Gelar Perkara Kasus Video Syur karena Ledakan Monas"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com