detikHot

book

Tesla Si Jagoan Perempuan Karya Sweta Kartika yang Unggul di Xiamen

Minggu, 17 Nov 2019 12:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: (dok. Sweta Kartika) Foto: (dok. Sweta Kartika)
Jakarta - Komik terbaru 'Spalko' karya komikus Sweta Kartika membawa namanya melambung di Xiamen, Fujian, China. Karya yang diterbitkan oleh re:ON Comics itu memenangkan juara kedua sebagai komik terbaik di Xiamen International Animation Festival 2019.

Sweta menuturkan komik 'Spalko' dibuatnya sebagai antithesis terhadap narasi yang membuat karakter perempuan sebagai sosok lemah yang harus dilindungi oleh lelaki kuat.

"Di komik 'Spalko', narasi itu dibalik. Karakter Tesla adalah seorang superhero perempuan yang hebat. Dia mencintai Janus, seorang lelaki biasa (yang posturnya jauh lebih pendek dari Tesla) dengan tulus, karena Janus yang bisa melihat Tesla sebagai sosok wanita, bukan sisi superhero-nya," tutur Sweta ketika dihubungi detikcom, Sabtu (16/11/2019).

Menurut Sweta dalam kajian literasi karakter, ia ingin melawan stigma gender yang ada selama ini.



"Saya ingin melawan stigma bahwa setiap gender tidak serta memisahkan peranan. Keduanya harus bisa saling bertukar dan melengkapi," katanya.

Dari narasi komik sampai karakter yang dikembangkan oleh Sweta, ia menduga hal itu yang menjadi pertimbangan juri tertarik dengan karyanya sampai membuat 'Spalko' menjadi juara kedua.

"Itu dr segi narasi, mungkin ini juga jadi pertimbangan Juri. Karakter Tesla di komik Spalko membawa narasi women empowerment juga," pungkasnya.




Simak Video "Kenal Lebih Dekat dengan Komik 'Bang Lambe'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com