detikHot

book

Hebat! 'Spalko' Karya Sweta Kartika Jadi Komik Terbaik di Xiamen

Minggu, 17 Nov 2019 10:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: (dok. Sweta Kartika) Foto: (dok. Sweta Kartika)
Jakarta - Prestasi Sweta Kartika di industri komik patut mendapat apresiasi. Salah satu komik ciptaannya mendapat predikat terbaik juara kedua di ajang Xiamen International Animation Festival 2019 di Xiamen, Fujian, China.

Komik berjudul 'Spalko' itu memenangkan predikat terbaik juara kedua. Kabar tersebut diumumkan oleh media sosial penerbit re:ON Comics.

Ketika dihubungi detikcom usai penganugerahan, Sweta mengatakan komik 'Spalko' yang terbit di re:ON Comics tahun lalu itu didaftarkan ke ajang nominasi tahhnan.

"Pihak re:ON mendaftarkannya ke ajang nominasi tahunan di event Xiamen Festival 2019 bersama komik-komik lain dari penerbit luar yang dimasukkan ke dalam kategori best comic overseas country," tutur Sweta kepada detikcom, Sabtu (16/11/2019).



Dua komik Sweta pun masuk dalam daftar pendek yakni 'Spalko' dan 'Purple Sunday'.

"Dan dari daftar shortlist untuk kategori Best Overseas Comic ada sekitar 6 nominator, dan komik 'Spalko' masuk sebagai runner up (silver). Gold-nya disabet oleh komik 'Renda Cinta' karya Ben Wong Malaysia terbitan Komik-M," lanjut Sweta.

Dalam berkarya, Sweta kerap memasukkan unsur tradisional khas Indonesia. Bersama ketiga temannya, Sweta mendirikan studio ilustrasi dan desain yang memusatkan karya-karyanya pada desain visual tradisi Nusantara bernama Wanara Studio.

Salah satu komik terbarunya yang rilis awal tahun ini adalah 'Nusa V' (baca: Nusa Five). Komik yang merupakan kolaborasi antara Padma Pusaka Nusantara (Indonesia) dan Shogakukan Asia Pte Ltd (Jepang) itu mendapat apresiasi dari dua negara.




Simak Video "Kenal Lebih Dekat dengan Komik 'Bang Lambe'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com