detikHot

book

'Syair-syair Sekedar Mengingatkan' Respons Persoalan Urban

Rabu, 06 Nov 2019 13:34 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: GPU/ Istimewa Foto: GPU/ Istimewa
Jakarta - Penyair Yoshi Fe meluncurkan buku kumpulan puisi perdananya yang berjudul 'Syair-syair Sekedar Mengingatkan'. Diterbitkan Gramedia Pustaka Utama, puisi-puisi di dalam bukunya merespons persoalan urban dan modernitas.

Kata 'sekedar' yang sengaja menjadi judul merupakan kata tidak baku secara KBBI. Tapi pihak penerbit mempertimbangkan liberasi bahasan dan alasan mengapa frasa itu menjadi judul.

Editor bidang Sastra GPU, Mirna Yulistianti, menuturkan penerbit tetap mempertahankan kata 'sekedar' untuk menjadi judul ketimbang menggantinya menjadi kata 'sekadar'.



"'Syair-Syair Sekedar Mengingatkan' adalah respons dari masyarakat kita yang gemar menggunakan 'maaf sekedar mengingatkan' sebelum melancarkan perundungan dan komentar negatif di media sosial," kata Yoshi Fe, dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Mirna juga menyebutkan buku kumpulan syair Yoshi Fe merespons hal-hal yang ada di masyarakat urban. Misalnya 'Syair-syair Sesuai Aplikasi'.

"Merespons apa yang tumbuh secara kebahasaan di tengah masyarakat urban yang demam dan hidup sangat tergantung pada aplikasi. Atau lema-lema yang muncul atas kedekatan penulis dengan fenomena urban dan modernitas,' lanjutnya.

Yoshi Fe juga pernah mengenalkan buku puisinya ke Edinburgh International Book Festival pada Agustus 2019. Ia juga membacakan beberapa puisi ciptaannya ke hadapan publik internasional.




Simak Video "Nadine Chandrawinata Segera Rilis Buku Puisi Tentang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com