detikHot

book

Tren Komik Lokal Meningkat, Is Yuniarto Sebut Makin Banyak Komikus Muda

Rabu, 23 Okt 2019 13:42 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Banyaknya ruang maupun platform digital selama 5 tahun belakangan membuat tren komik lokal meningkat. Komikus-komikus muda pun mulai percaya diri untuk eksis dan unjuk gigi.

Hal tersebut diungkapkan oleh komikus Is Yuniarto yang kini tengah memegang peranan General Manager Bumilangit Comics Media. Menurutnya, selama 5 tahun belakangan kualitas dan kuantitas komik lokal semakin meningkat.

"Saya yakin dengan adanya IP-IP yang ada di Bumilangit, komik lama yang sudah lama terlupakan jadi bangkit lagi. Itu mendorong rasa percaya diri komikus-komikus muda," tutur Is ketika diwawancarai detikcom, belum lama ini.



Dia pun melanjutkan, "Oh ternyata kita punya zaman keemasan, mungkin belum banyak yang tahu kalau 'Si Buta' sudah dibikin 8 layar lebar. 'Sri Asih' di tahun 1954 sudah dibuatkan film. Jadi warisan masa lalu yang luar biasa saya yakin bisa memberikan pondasi bagi komikus baru."

Di Indonesia pun, lanjut Is, sudah banyak platform digital seperti LINE Webtoon Indonesia, Ciayo Comics, PIONICON, dan lain-lain yang sudah terdepan.

"Banyak yang menyediakan ruang dan mereka butuh content. Jadi komikus baru punya banyak ruang untuk mengekspresikan diri dan punya peluang untuk memonetasi dalam berkarya," pungkasnya.




Simak Video "Gundala: Antara Komik dan Film"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com