detikHot

book

Komik Raden Saleh Diluncurkan di Frankfurt Book Fair 2019

Kamis, 17 Okt 2019 15:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Komite Buku Nasional/ Istimewa Foto: Komite Buku Nasional/ Istimewa
Jakarta - Paviliun Indonesia lewat Komite Buku Nasional (KBN) kembali hadir di ajang Frankfurt Book Fair 2019. Menempati stand C71 di Hall 4.0 seluas 120 meter persegi, KBN membawa 350 judul dan 10 penerbit yang didukung dengan travel grant oleh Bekraf, 2 agen literasi, dan 1 agen ilustrasi.

Di hari pertama penyelenggaraan, komik Raden Saleh 'Lebend Und Abenteuer Des Raden Saleh' yang ditulis sejarawan seni Werner Kraus diluncurkan. Dalam siaran pers yang diterima detikcom, komiknya terbit dengan dukungan biaya dari Kedutaan Besar RI di Jerman.

"Raden Saleh bisa dikatakan sebagai duta budaya pertama Indonesia di Eropa," kata Wakil Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Perry Pada.



Saat peluncuran buku, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Toferry Primanda Soetikno, Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik, Werner Kraus, dan Dubes Thailand untuk Jerman Dhiravat Bhumicitr juga hadir. Werner Kraus menuturkan komiknya merupakan tahap awal.

Komik Raden Saleh Diluncurkan di Frankfurt Book Fair 2019Foto: Komite Buku Nasional/ Istimewa


"Karena sangat tidak mungkin bisa menuliskan keseluruhan hidup Raden Saleh yang kompleks ke dalam 40-an halaman buku komik," tutur Werner Kraus.

Sosok Raden Saleh juga dikenal sebagai ilmuwan, fotografer, dan penulis. "Semoga tahun depan, proyek penulisan ini bisa dilanjutkan," katanya.



Selain peluncuran buku, KBRI Jerman juga merilis 8 seri perangko Jerman yang menampilkan karya Raden Saleh yang diproduksi Deeutsche Post. Ketua KBN, Laura Bangun Prinsloo, juga berharap komik Raden Saleh tak hanya akan dipromosikan di FBF.

"Semoga komik Raden Saleh bisa diterjemahkan dan diterbitkan ke dalam bahasa asing lainnya," ungkap Laura Bangun Prinsloo.





Simak Video "Taman Margsatwa Ragunan Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com