detikHot

book

Muncul Petisi Tolak Peter Handke Sebagai Peraih Nobel Sastra 2019

Sabtu, 12 Okt 2019 16:15 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Baru dua hari diumumkan para Peraih Nobel Sastra, muncul petisi penolakan terhadap Peter Handke. Dia adalah Peraih Nobel Sastra 2019 yang memicu kontroversi di kalangan masyarakat Eropa.

Seorang warga asal Kanada bernama Uran Shushka memulai petisi di charge.org. Petisi yang dimulai 21 jam lalu sudah ditandatangani sampai lebih dari 23 ribu.

Petisi berjudul 'Cabut Hadiah Nobel Sastra yang diberikan kepada Peter Handke'. Dalam keterangannya, Uran Shushka menuliskan:



"Peter Handke adalah seorang apologis untuk 'tukang daging Balkan' Slobodan Milosevic. Orang yang bertanggung jawab atas kematian ratusan ribu orang tak bersalah dan puluhan ribu perempuan serta laki-laki yang diperkosa. Seseorang yang membela monster seperti itu tidak layak mendapatkan pengakuan sastra paling sederhana seperti Hadiah Nobel. Mari kita mengirim pesan yang keras dan jelas kepada Komite Hadiah Nobel, bahwa kita tidak memaafkan pembela pembunuhan massal," tulisnya.

Pada Kamis (10/10), Akademi Swedia mengumumkan dua orang peraih Nobel Sastra 2018 Olga Tokarczuk dan Peter Handke untuk Nobel Sastra 2019. Nama Peter Handke dikecam kritikus sastra termasuk Presiden Kosovo dan Perdana Menteri Albania karena dukungan kepada pasukan Serbia selama Perang Yugoslavia tahun 1990-an.




Simak Video "Peter Handke Pemenang Nobel 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com