detikHot

book

Bab Hilang dari Novel Pertama di Dunia Ditemukan di Gudang!

Jumat, 11 Okt 2019 15:42 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Para ahli sastra Jepang meneliti tentang novel yang dikabarkan pertama di dunia dan berjudul 'The Tale of Genji' yang selesai pada 1010. Novelnya kemungkinan ditulis oleh seorang perempuan bernama Murasaki Shikibu dan menjadi epos tertua yang ada.

Kabar terbarunya bagian kelima dari novel yang belum ditemukan ditemukan di sebuah gudang di Tokyo, Jepang. Naskahnya disimpan di peti ruang penyimpanan di rumah keturunan mantan penguasa feodal di Prefektur Aichi.

Dilansir dari Japan Times, novelnya menceritakan tentang kekayaan, asmara, dan politik seorang putra kaisar bernama Genji. Versi tertua diyakini diterjemahkan oleh penyair Teika yang meninggal pada 1241 silam.



Sampai sekarang hanya ada 4 bab dari 54 bab yang diprediksi telah ditulis oleh penulisnya. Di bab kelima ada pertemuan Genji dengan perempuan yang menjadi istrinya, Murasaki, yang juga diidentifikasi sebagai Teika.

Para ahli di Reizeike Shiguretei Bunko, yayasan pelestarian warisan budaya, telah mengkonfirmasi keasliannya. Dari tulisan tangan, sampul naskah, dan manuskrip Teika lainnya.

"Naskah ini masih kami teliti, sangat penting untuk mengetahui penemuan naskah yang diedit Teika akan tersedia untuk diteliti," ungkap salah seorang profesor Universitas Kyoto.





Simak Video "Novel Bela Anies, Singgung Jokowi Dilaporkan ke KPK"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com