detikHot

book

Olga Tokarczuk dan Peter Handke Raih Nobel Sastra 2018 dan 2019

Kamis, 10 Okt 2019 18:33 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Peraih Nobel Sastra 2018 dan 2019 (dok. Nobel Prize) Foto: Peraih Nobel Sastra 2018 dan 2019 (dok. Nobel Prize)
Jakarta - Akademi Swedia menepati janjinya untuk memberikan penghargaan pada penulis perempuan. Peraih Nobel Sastra 2018 diraih oleh penulis asal Polandia, Olga Tokarczuk dan penulis Austria Peter Handke untuk tahun ini.

Pengumuman dibacakan oleh Akademi Swedia tepat pukul 01.00 waktu Stockholm, Swedia atau pukul 18.00 WIB. Di depan hadapan awak media, perwakilan Akademi Swedia membaca keputusan tim.

"Penghargaan Nobel Sastra 2018 jatuh kepada Olga Tokarczuk dan Peter Handke asal Austria," ucap perwakilan Akademi Swedia, seperti dilihat detikcom di tayangan live streaming, Kamis (10/10/2019).

Olga dikenal lewat novel sejarah yang immersif 'Ksiegi Jakubowe' atau 'The Book of Jacob' yang terbit 2014 lalu. Karyanya mampu mewakili segala permasalahan manusia. Akademi Swedia menuturkan Olga mengkonstruksikan karyanya di antara dua perlawanan, alam versus gaya hidup, alasan versus kekesalan, laki-laki vs perempuan, rumah vs alienasi.



"Karya-karya Olga mampu menarasikan imajinasi dengan banyak passion ensiklopedia yang melampaui batas bentuk kehidupan," kata Akademi Swedia.

Sedangkan Nobel Sastra 2019 diraih Peter Handke yang menghadirkan lanskap kehidupan masa kini di karya-karyanya. Dia menggunakan film dan seni lukis sebagai sumber inspirasi terbesar.

Lebih dari 50 tahun, dia berhasil menghasilkan karya dari berbagai genre dan menjadi salah satu penulis Eropa berpengaruh setelah Perang Dunia kedua. "Karya Peter Handke sukses mempengaruhi ilmu linguistik dan mengeksplorasi berbagai pengalaman manusia," tutur Akademi Swedia.

Selamat kepada dua peraih Nobel Sastra 2018 dan 2019!




Simak Video "Peter Handke Pemenang Nobel 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

FOKUS BERITA: Peraih Nobel Sastra
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com