detikHot

book

Lepas dari Skandal, Nobel Sastra Segera Diumumkan Hari Ini!

Kamis, 10 Okt 2019 14:48 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Penghargaan bergengsi Nobel Sastra segera mengumumkan dua pemenangnya hari ini. Dua nama yang akan diumumkan Akademi Swedia adalah peraih Nobel Sastra tahun 2018 dan 2019.

Lewat akun Twitter @NobelPrize, penyelenggara Akademi Swedia kembali mengingatkan acara yang berlangsung pada Kamis (10/10) pukul 01.00 waktu Stockholm, Swedia.

"Dalam beberapa jam lagi, peraih Nobel Sastra 2018 dan 2019 akan terungkap. Tapi bagaimana Nobel Sastra terpilih?" Kicau Nobel Prize, seperti dikutip detikcom, Kamis (10/10/2019).

Pada 2018 lalu, Nobel Sastra tak jadi diberikan karena skandal pelecehan seks yang melibatkan anggota Akademi Swedia. Akademi yang berusia 233 tahun telah membuat berbagai perubahan sejak isu tersebut menyeruak termasuk meningkatkan transparansi dan membuka jalan bagi penghargaan ganda tahun ini.




Direktur Eksekutif Yayasan Nobel, Lars Heikensten, menuturkan pihak Akademi akhirnya membuat perubahan. "Kami sepakat Akademi harus meninjau keanggotaan seumur hidup dan menguji ide-ide dengan masa jabatan terbatas," katanya dilansir dari Reuters.

Akhirnya Nobel Sastra 2018 ditunda dan Akademi Swedia menambah ahli dari luar. Mei 2019 lalu, Yayasan Nobel memberikan lampu hijau bagi dua nama peraih Nobel kali ini. Sejumlah nama penulis dan sastrawan dunia pun mencuat.

Di antaranya adalah penulis 'The Handmaid's Tale' Margaret Atwood, novelis Rusia Lyudmila Ulitskaya, novelis Maryse Conde lewat karya 'Guadeloupean', novelis Hungaria László Krasznahorkai dan penulis Polandia Olga Tokarczuk, serta kandidat abadi Haruki Murakami dan Ngugi wa Thiong'o.


Simak Video "Temukan Jurang Ilusi, Kazuo Ishiguro Raih Nobel Sastra 2017"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

FOKUS BERITA: Peraih Nobel Sastra
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com