detikHot

book

Tak Cuma Buku, Indonesia Boyong 4 Seniman untuk Bikin Mural di FBF 2019

Selasa, 08 Okt 2019 17:02 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Kesuksesan Indonesia menjadi tamu kehormatan Frankfurt Book Fair 2015 membawa peluang besar bagi industri buku Tanah Air. Nama para seniman turut terangkat gegara ajang pameran buku tertua di dunia tersebut.

Komite Buku Nasional (KBN) pun memboyong 4 seniman untuk membuat mural dan menggelar pameran di Frankfurt, Jerman. Dini Lestari dari Fabula Illustration Agency menuturkan nantinya akan live mural dari 4 seniman.

"Dari awal hari penyelenggaraan sampai akhir konsepnya untuk merespons salah satu tembok yang ada di FBF. Kami membebaskan para seniman untuk berkolaborasi satu sama lain, jadi open for interpretation apapun," tutur Dina ketika ditemui usai jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).




Ke-4 seniman itu di antaranya adalah Mayumi Haryoto, Evelyn Ghozali, Antonio Reinhard dan Mohammad 'Emte' Taufiq. Setelah live mural, juga digelar pameran ilustrasi yang berkolaborasi dengan ilustrator dari Jerman.

Dini juga menjelaskan tak hanya live mural yang bakal disajikan tim KBN tapi juga memajang portofolio 24 karya dari 12 seniman di bawah naungan Fabula Agency. Karya-karya mereka pun ada yang dibuatkan augmented reality.

"Kalau pengunjung datang, mereka bisa scan langsung karyanya, bisa akses filter melalui Facebook atau Instagram filter. Sengaja buat seperti, jadi seperti percakapan saja sih dengan pengunjung," pungkasnya.


Simak Video "Begini Reaksi Bule di FBF 2017 Makan Tempe dan Rujak"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com