detikHot

book

Komik Maestro Raden Saleh Bakal Diluncurkan di Frankfurt

Selasa, 08 Okt 2019 16:37 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Paviliun Indonesia kembali hadir di ajang Frankfurt Book Fair 2019. Ada 350 judul buku, 10 penerbit, 4 penulis, 4 seniman hingga lebih dari 30 program acara yang bakal dihadirkan di Frankfurt, Jerman, pertengahan bulan ini.

"Pameran buku tidak lagi menampilkan buku dalam bentuk cetak tapi konten kreatif yang baik dan bisa diaplikasikan ke berbagai media dan platform. Ada lebih dari 30 acara," tutur Ketua Komite Buku Nasional (KBN), Laura Bangun Prinsloo, saat jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

Salah satu acaranya adalah peluncuran komik soal maestro seni lukis Raden Saleh. Buku berjudul 'Leben und Abenteuer des Raden Saleh' itu diproduksi Kedutaan Besar RI di Jerman.

Bukunya ditulis oleh sejarawan seni asal Jerman, Werner Kraus bersama 3 ilustrator komik untuk menandai pentingnya Raden Saleh yang pernah tinggal di Jerman. "Ada launching komik Raden Saleh di FBF, juga perangko bertema lukisan Raden Saleh," lanjut Laura.




Perayaan dalam bentuk perangko Jerman menampilkan lukisan-lukisan Raden Saleh yang diproduksi Deutsche Post bekerja sama dengan Kedutaan Indonesia. KBN juga menghadirkan sejumlah kartu pos bergambar karya-karya Raden Saleh sebagai suvenir bagi pengunjung stan Indonesia yang seluas 120 meter persegi.

"FBF ini cukup penting buat kami, menandai hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jerman. ketika Indonesia jadi guest of honour di 2015. Jerman sekarang mau menjadi tamu kehormatan di acara konten kreatif yang dirancang Januari 2020 sampai Desember 2020 nanti," tambah Humas KBN, Dewi Ria Utari.

Peluncuran komik Raden Saleh berlangsung pada Rabu (15/10) di stan Indonesia, Paviliun Indonesia, di Frankfurt Book Fair 2019.




Simak Video "Begini Reaksi Bule di FBF 2017 Makan Tempe dan Rujak"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com