detikHot

book

Peraih Nobel Sastra Tahun Ini Adalah Penulis Perempuan?

Selasa, 08 Okt 2019 12:05 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Selama sepekan Akademi Swedia sedang mengumumkan para peraih Nobel untuk berbagai kategori sampai 14 Oktober mendatang, salah satunya adalah Hadiah Nobel Sastra. Tahun ini ada dua nama peraih yang bakal dibacakan pada Kamis (10/10/2019) pukul 13.00 waktu Swedia.

Dua nama yang dibacakan untuk peraih tahun 2019 dan tahun lalu yang tak diberikan karena kasus skandal pelecehan seksual dan pelanggaran keuangan yang menyebabkan beberapa anggota mengundurkan diri. Jean-Claude Arnault, yang istrinya anggota Akademi Swedia Katarina Frostenson terlibat skandal tersebut.

Ketua komite penghargaan yakin pengumuman kali ini akan menghindari perspektif peraih yang sebagian besar pria dan eurosentris. "Kami berharap kembalinya Nobel Sastra diterima dengan baik oleh komunitas sastra dunia," ungkap Ketua Hadiah Nobel Sastra, Anders Olsson, seperti dikutip detikcom, Selasa (8/10/2019).




Sebelumnya Kazuo Ishiguro dan Bob Dylan yang memenangkan penghargaan pada 2017 dan 2016 menuai kontroversi publik. Keduanya menulis dalam bahasa Inggris dan dari 114 nama hanya 14 yang berasal dari perempuan.

"Kami perlu perspektif yang lebih dari Eurosentris tentang sastra dan sekarang kami mencarinya di seluruh dunia. Sebelumnya berorientasi terlalu banyak pada pria, sekarang kami memiliki banyak penulis wanita yang benar-benar hebat," ungkapnya.

Sejumlah nama pun masuk dalam daftar seleksi. Ada penulis 'The Handmaid's Tale' Margaret Atwood, novelis Rusia Lyudmila Ulitskaya, novelis Maryse Conde lewat karya 'Guadeloupean', novelis Hungaria László Krasznahorkai dan penulis Polandia Olga Tokarczuk, serta kandidat abadi Haruki Murakami dan Ngugi wa Thiong'o.


Simak Video "Peter Handke Pemenang Nobel 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Peraih Nobel Sastra
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com