Penyair Joko Pinurbo Raih Anugerah Kebudayaan dari Sri Sultan HB X

Usman Hadi - detikHot
Selasa, 01 Okt 2019 15:45 WIB
Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Yogyakarta - Penyair Joko Pinurbo meraih Anugerah Kebudayaan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun ini. Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

Nama penyair yang dikenal lewat kumpulan puisi 'Celana' itu menerima penghargaan bersama 21 budayawan lainnya. Sejak dekade 1990-an, pria yang akrab disapa Jokpin aktif menerbitkan karya dalam bentuk kumpulan puisi dan di media massa.

Novel perdananya 'Srimenanti' yang terbit April 2019 lalu mendapat sambutan yang hangat dari pembaca. Nama Jokpin masuk ke dalam kategori pelaku atau pelestari seni.



Selain Jokpin, ada Dyan Anggraini, Sumisih Yuningsih/ Yu Beruk, Bambang Paningron Astiaji, Sri Wuryanti, Sanggar Tari Bali Sasarswati KPB Purantara Yogyakarta, dan Kill the DJ.

Di kategori pelaku atau pelestari adat di antaranya adalah Pemangku Upacara Adat Saparan Wonolelo, dr Wigung Wratsangka, Pemangku Upacara Adat Babat Dalan Ki Ageng Giring, Muh Satidjan, Pemangku Upacara Adat Cembengan an PT Madubaru, Pemangku Upacara Adat Bathok Bolu, dan H Umar Sanusi Heri Puspito.

Untuk kategori pelopor atau pencipta karya budaya yakni Pardiman Djoyonegoro. Di kategori budayawan yang menerima adalah Jennifer Lindsay. Selain itu masih ada pelaku atau pelestari cagar budaya yang memberikan anugerah kepada 6 pelaku lainnya, termasuk Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.



Simak Video "Puisi Joko Pinurbo untuk Tenaga Medis yang Gugur Karena COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)