detikHot

book

Membaca Lagi Novel Leila S Chudori Berlatar Demo Mahasiswa

Selasa, 01 Okt 2019 09:50 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Is Mujiarso Foto: Is Mujiarso
Jakarta - Sepekan belakangan Indonesia tengah berkecamuk lantaran pasal-pasal dalam Rancangan Undang-undang (RUU) yang akhirnya ditunda DPR. Para mahasiswa, pelajar hingga massa pun melakukan demonstrasi besar-besaran sampai ricuh.

Latar demo mahasiswa dalam lembaran fiksi banyak termuat di karya penulis Tanah Air, salah satunya karya Leila S Chudori. Berikut di antaranya seperti dirangkum detikcom:

1. Pulang

Novel 'Pulang' karya Leila S Chudori bercerita tentang Dimas Suryo yang harus tinggal di Prancis karena kondisi Indonesia di tahun 1965. Saat berada di Prancis, Dimas bertemu dengan Vivienne Deveraux, yaitu seorang aktivis mahasiswa Prancis.

Dimas mendengar kabar dari Jakarta, teman-teman seperjuangannya ditangkap tentara dan dinyatakan tewas. Sejak saat itu, Dimas bersama eksil yang lain terlunta-lunta tanpa status kewarganegaraan, di satu sisi Dimas begitu mendambakan bisa pulang ke negara dan bertemu keluarganya.

2. Laut Bercerita

Kembali menceritakan latar demo mahasiswa dan peritiwa penting bangsa pada dekade 1990an. Leila S Chudori menceritakan tentang seorang mahasiswa bernama Laut. Ia kritis akan isu sosial dan kerap melakukan demonstrasi menentang pemerintahan.

Demi mempertahankan prinsipnya, Laut dan teman-teman mengalami penyiksaan fisik dan mental. Sama seperti namanya kisah Laut berakhir dengan tragis, karena maut menjemputnya di sebuah laut antah berantah.




Simak Video "Rambah Dunia Podcast, Leila Chudori Bahas Dunia Literasi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com