detikHot

book

Komik Marvel Dilarang Beredar di Brasil karena Muat LBGTQ

Selasa, 10 Sep 2019 10:44 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Marvel Comics/ Istimewa Foto: Marvel Comics/ Istimewa
Jakarta - Sebuah komik Marvel dilarang beredar di Brasil karena memuat unsur LBGTQ dan menimbulkan kontroversi. Komik berjudul 'Marvel's Avengers: Children's Crusade' juga dikecam oleh Walikota Rio de Janeiro, Marcelo Crivella.

Ia melarang komik Marvel tersebut beredar di pameran buku yang berlangsung di kota tersebut. Bahkan ia segera menempuh jalur hukum.

"Komiknya menampilkan adegan ciuman antara dua tokoh dan mengandung konten seksual untuk anak di bawah umur," ujarnya dilansir dari Comicbook, Selasa (10/9/2019).



Di salah satu adegan dalam komik, karakter bernama Wiccan dan Hulking berciuman dan berpelukan. Langkah sensor yang dilakukan Walikota pernah diberlakukan selama 21 tahun di bawah kediktatoran militer Brasil yang berakhir tahun 1985.

Editor komik, Sergio Davilla, menuturkan pelarangan tersebut merupakan kebebasan berekpresi. "Kami akan melawan ini sampai akhir," ujarnya.

Kontroversi dimulai pada Kamis pekan lalu ketika Crivella memerintahkan untuk membungkus salinan komik dalam plastik hitam. Dalam sebuah video yang disebarkannya, ia mengatakan aksi yang dilakukan untuk membela keluarga. Bahkan ia membeli 14 ribu eksemplar komik di pameran buku tersebut dan menyimpannya.





Simak Video "Kenalkan Ario Anindito, Komikus Marvel Asli Bandung!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com