detikHot

book

Begini Mulanya Penerbit Bukune Tertarik Terbitkan Novel 'KKN Desa Penari'

Sabtu, 07 Sep 2019 10:38 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 2
Begini Mulanya Penerbit Bukune Tertarik Terbitkan Novel KKN Desa Penari dok. Bukune
Jakarta - Ketika cerita 'KKN Desa Penari' viral di Twitter publik banyak yang menduga itu adalah cerita rekaan. Hal yang sama juga dilontarkan oleh penerbit Bukune yang berada di bawah naungan GagasMedia Grup.

Awal cerita viral di Twitter, Bukune sudah tertarik ingin mengajak kerjasama dengan Simple Man. Dimulai dengan menghubungi via Direct Message (DM) Twitter, gayung pun bersambut.

"Pastinya sebulan yang lalu sebelum viral yang kemarin. Itu sudah komunikasi, sebelum viral yang di vlog-nya Raditya Dika. Kita sudah mengajak sebelum seviral itu, kan viral kedua kita nyebutnya viral nasional ya. Itu kami sudah approach," tutur Editor Bukune, Muhammad Barkah Winata ketika dihubungi detikHOT.




Pria yang akrab disapa Barkah menuturkan penerbit Bukune lumrah menerbitkan cerita-cerita dari legenda dan mistis. Ada buku-buku Risa Saraswati yang fenomenal dengan 'Danur', Arief Muhammad dengan 'Poconggg Juga Pocong', Ferdiriva Hamzah dengan 'Cado-cado', Faza Meonk dengan seri komik 'Si Juki' hingga buku-buku Raditya Dika di awal kepenulisannya.

Bukune pun kerap mengajak kolaborasi dengan penulis dari platform Wattpad, Twitter, dan media sosial lainnya.

"Nah untuk Simple Man ini, porosedurnya hampir mirip. Kita approach sama yang punya akun, berminat buat nerbitin naskah nggak, kira-kira mau nggak kerjasama untuk nerbitin buku? Kemudian proses setelah itu yang lumayan menyita waktu karena memang cerita awal dalam bentuk Thread Twitter, kan akan banyak proses penyuntingan," terang Barkah.

[Gambas:Instagram]

(tia/dar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com