detikHot

book

Duka Mendalam Oprah Winfrey dan Barack Obama untuk Toni Morrison

Rabu, 07 Agu 2019 10:47 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Peraih Nobel Sastra Toni Morrison meninggal di usia 88 tahun. Kepergian novelis Afro-Amerika pertama yang mendapat penghargaan sastra bergengsi di dunia itu membawa duka yang mendalam bagi para penggemarnya.

Termasuk Oprah Winfrey yang pernah berperan dalam salah satu karakter di novel 'Beloved'. Lewat akun Instagram, ia mengucapkan duka yang mendalam.

"Pada mulanya adalah Kata. Toni Morrison mengambil kata itu dan mengubahnya menjadi Lagu... Salomo, Sula, Kekasih, Rahmat, Cinta Surga, dan banyak lagi. Dia adalah hati nurani kita. Dia adalah penyihir dengan bahasa yang memahami kekuatan kata-kata," tulis Oprah Winfrey, seperti dilihat detikHOT, Rabu (7/8/2019).

[Gambas:Instagram]



Duka Mendalam Oprah Winfrey dan Barack Obama untuk Toni MorrisonFoto: Getty Images


Presiden ke-44 AS, Barack Obama, juga mengucapkan rasa duka yang mendalam. Ia posting foto kebersamaan keduanya ketika sang novelis menyambangi Gedung Putih.

"Waktu tidak cocok untuk Toni Morrison. Dalam tulisannya, ia kadang-kadang mempermainkannya, membengkokkan, dan menariknya. Menekuknya sesuai keinginan. Dalam kisah hidupnya juga, dia memperlakukan waktu secara nontradisional," tulis Barack Obama.



Pada 2012, Presiden AS ke-44 Barack Obama menganugerahi Toni Morrison gelar Presidential Medal of Freedom. Menurut Obama, Morrison adalah harta nasional.

"Ia juga seorang pendongeng yang baik dan memiliki pribadi menawan seperti karyanya," ucap Barack Obama dilansir dari Reuters.

Toni Morrison dikenal sebagai novelis 'Beloved'. Dari novelnya ia memenangkan Hadiah Pulitzer pada 1988 untuk kategori fiksi. Novel terakhirnya 'God Help the Child' diterbitkan pada 2015.

Duka Mendalam Oprah Winfrey dan Barack Obama untuk Toni Morrison



Simak Video "Cuitan Para Selebriti dan Tokoh Dunia Terkait Kebakaran Notre Dame"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed