Jakarta International Literary Festival 2019 Digelar 20 Agustus

Tia Agnes - detikHot
Senin, 05 Agu 2019 18:00 WIB
Foto: Jakarta International Literary Festival 2019 (Tia Agnes)
Jakarta - Jakarta International Literary Festival (JILF) 2019 digelar pertama kalinya pada 20-24 Agustus 2019. Festival yang digagas Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) menampilkan lebih dari 60 penulis dan pelaku sastra Indonesia serta mancanegara.

Direktur Festival dan Kurator JILF 2019, Yusi Avianto Pareanom, mengungkap tujuan dari festival tersebut. "Jakarta sebagai tempat penyelenggara akan menjadi titik penting bagi literasi dunia," ujarnya saat jumpa pers di Balai Kota DKI, Senin (5/8/2019).

Danton Sihombing, Plt Ketua Dewan Kesenian Jakarta, menambahkan dengan hadirnya festival pertama JILF merupakan kick off di bidang sastra.

"Kita mulai melakukan kick off di wilayah sastra, isu yang terbesar nantinya adalah skala acara dan kedua suistanability. Tadi sudah disampaikan oleh Pak Gubernur, negara harus hadir dan mendukung. Spirit yang kami bawa di luar kerja kita sebagai kurator. Yang melahirkan program-program dan menjadikan Jakarta sebagai kota yg internasional," ungkap Danton.


Di tahun pertama, JILF mengangkat tema sentrak 'Pagar' untuk menghadirkan batasan-batasan yang semakin lebur akibat arus globalisasi. Konsep 'Pagar' tak hanya berbicara mengenai batas geografis sastra saja tapi juga pemeliharaan sastra lokal.

Selama 5 hari berturut-turut, JILF 2019 akan menggelar simposium dan diskusi dengan tema menarik. Ada malam pembacaan karya, lab ekosisten sastra, pameran Bacaan Liar: Era Kolonial, serta pasar buku yang bekerja sama dengan Patjar Merah.

JILF 2019 juga menghadirkan program Pasar Hak Cipta yang mempertemukan penerbit internasional dan nasional. Ada 30 penerbit yang mengikuti Pasar Hak Cipta.

Festival JILF 2019 berlangsung mulai 20-24 Agustus 2019 di kompleks Taman Ismail Marzuki, TIM, Jakarta Pusat.



Simak Video "Netizen Korsel Lebih Pilih Han Ji Pyeong Dibanding Nam Do San"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)