GWRF Jadi Ajang Temu Penulis dan Pembaca

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 01 Agu 2019 15:11 WIB
Gramedia Writers and Readers Forum Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - Gramedia Writers and Readers Forum (GWRF) 2019 bakal dibuka pada Jumat (1/8) esok. Belum digelar, festival literasi yang kedua itu sudah diminati oleh generasi muda.

Selama 3 hari penyelenggaraan, tim GWRF membuka berbagai kelas atau forum diskusi dengan 45 penulis di dalamnya. Ada beberapa kelas berbayar, sebagian lagi tak dipungut biaya.

"Jujur animo untuk tahun ini sangat luar biasa. Seperti kelas yang dibuka hari Sabtu dan Minggu kami siapkan ada 2800 kursi, sampai saat ini yang mendaftar sudah 2560. Sisanya nanti on the spot," ucap Yosef Adityo, Corporate Secretary Gramedia usai jumpa pers di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

Berbeda dengan tahun lalu yang hanya berlangsung dua hari tapi sukses menggaet 1.500 orang. Di sesi Editor's Clinic yang merupakan pertemuan pembaca dan penerbit buku juga diminati sampai 360 orang.

"Tahun lalu kami ingin lebih banyak mengeksplorasi ide. Sehingga dari sisi penulisnya pun ada yang kami tutup acaranya. Tahun ini mengusung tema 'Diversity', kita coba lebih luas lagi," lanjut Yosef.




Forum dan diskusi yang digelar lebih dalam dan tak hanya menghadirkan penulis fiksi maupun nonfiksi. Tim GWRF juga merambah ke bidang sains hingga filsafat.

"Tahun ini dibuka dengan forum buku sains karya Budiman Sudjatmiko. Kami juga bikin festival film pendek yang terinspirasi dari tiga penulis yakni Sapardi Djoko Damono, Maman Suherman, dan buku kumpulan puisi Rachel Amanda.

Antusias festival film pendek tersebut, lanjut Yosef, tak kalah dengan forum lainnya. Ada 600 orang dengan 310 film pendek yang mengirimkan.

"Kami juga mengadirkan tim Kisah Tanah Jawa yang mengeksplorasi lagi tulisan juga bisa berasal dari hal yang mistik. Hari terakhir ada filsuf Sidhunata dan Ayu & Ditto yang penggemarnya banyak sekali," pungkasnya.


GWRF Jadi Ajang Temu Penulis dan Pembaca


Simak Video "Nirina Zubir Ungkap Kondisi Kesehatan Ayah dan Suaminya"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)