detikHot

book

Pernah Kontroversi, Komik soal Yesus dan Sun-Man di AS Terbit Independen

Kamis, 11 Jul 2019 16:31 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Komik 'Second Coming' yang rencananya terbit di bawah label penerbit DC, Vertigo, menuai kontroversi pada Maret lalu. Komik yang menceritakan tentang Yesus Kristus itu diprotes oleh kelompok agama hingga batal terbit.

Setelah melewati perjalanan panjang dan sulit publikasi, 'Second Coming #1' pun rilis hari ini. AHOY Comics mau merilis seri komik yang ditulis oleh Mark Russell dan digambar Richard Pace, Leonard Kirk, dan Andy Troy.

Penulis Mark Russell pun menuturkan setelah kabar kontroversi tersebut ada lebih banyak suasana yang chaos.



"Jauh lebih gila. Lebih banyak wawancara media, lebih banyak memblokir orang di Twitter dan lebih banyak mencoba mengoreksi persepsi tentang komik ini. Jelas ada banyak dampak setelah protes dan kabar pembatalan rilisnya," ujarnya dilansir dari Comicbook, Kamis (11/7/2019).

Komiknya pun ceritanya akan sama seperti yang kontroversi saat itu. 'Second Comic' menceritakan tentang Yesus Kristus yang kembali ke bumi. Lalu sekamar dengan superhero bumi bernama Sun-Man.

Dari sinopsis yang dipublikasikan DC Comics saat itu, dalam komik tampaknya Yesus terkejut namanya tidak ada di dalam Injil. Gara-gara alur cerita tersebut, lebih dari 100 ribu orang menandatangani petisi penolakan terhadap penerbitan komik tersebut.

Mereka menganggap jalan cerita 'Second Coming' keterlaluan dan menghujat Yesus. "Mereka mempermasalahkan anggapan Tuhan tidak menguntungkan dan Yesus yang dibandingkan dengan seorang pahlawan super," ujar Russell.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed