detikHot

book

Ada-ada Saja! Penulis Korea Kubur Novelnya di Hutan hingga 2114

Rabu, 29 Mei 2019 10:50 WIB Tia Agnes - detikHot
Novelis Han Kang sebelah kanan Foto: Guardian Novelis Han Kang sebelah kanan Foto: Guardian
Jakarta - Ada-ada saja yang dilakukan oleh novelis asal Korea Han Kang untuk meluncurkan karya terbarunya. Bukan merilisnya di toko buku dalam seremoni yang meriah, namun pemenang penghargaan Man Booker itu mengubur novelnya di hutan Norwegia sampai tahun 2114 atau selama 95 tahun.

Han Kang adalah penulis kelima yang terpilih dalam proyek seni Perpustakaan Masa Depan karya seniman Katie Paterson. Dia mengikuti jejak Margaret Atwood dan David Mitchell.

Setiap tahunnya, sang seniman meminta seorang penulis untuk menyumbangkan novel untuk dikubur. Manuskrip tersebut akan disimpan dalam kotak yang dilapisi kayu dari hutan.



"Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di dalam kotak setelah satu abad. Buku-buku itu adalah teks yang akan tahan terhadap kerusakan waktu," ujar penyelenggara proyek, dilansir dari Guardian, Rabu (29/5/2019).

Novel terbaru Han Kang berjudul 'Dear Son, My Beloved' dibungkus ke dalam kain putih. Han Kang berjalan ke arah hutan di luar kota Oslo sambil menarik kain di belakangnya.

Kain tradisional tersebut dalam kepercayaan masyarakat Korea digunakan sebagai penutup untuk bayi yang baru lahir. Atau sebagai jubah berkabung untuk pemakaman.

"Ini seperti pernikahan novelku dengan hutan. Atau lagu pengantar tidur untuk dikubur selama satu abad, menyentuh dengan bumi dengan lembut sepanjang jalan. Jadi ini saatnya saya mengucapkan selamat tinggal pada 'bayiku'," tukas Han Kang.




(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed