DetikHot

book

Penulis Asal Jamaika Marlon James Masuk 100 Orang Berpengaruh Versi TIME

Kamis, 18 Apr 2019 10:40 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Penulis Asal Jamaika Marlon James Masuk 100 Orang Berpengaruh Versi TIME Foto: Getty Images
Jakarta - Majalah TIME mengumumkan 100 orang paling berpengaruh tahun ini. Ada Brie Larson hingga aktor 'Bohemian Rhapsody' Rami Malek yang masuk dalam survei mereka.

Selain itu, di kategori pionir ada penulis asal Jamaika Marlon James. Dia sukses menerbitkan 4 novel dan salah satu karyanya meraih Man Booker Prize 2015 lewat 'A History of Seven Killings'.

Dilansir dari Majalah TIME, testimoni yang ditulis oleh novelis Salman Rushdie menceritakan perjumpaannya dengan Marlon James.



"Saya bertemu Marlon James ketika saya mewawancarainya tentang 'A Brief History of Seven Killings' di perpustakaan umum New York. Pekerjaan dia membuat saya terkesan," tulis Salman Rushdie seperti dikutip detikHOT.

"Novel ini menghadirkan ambisius yang tak main-main dalam judulnya. Tidak singkat, bukan sejarah, dan tidak mengandung tujuh tapi ratusan pembunuhan. Serta berputar-putar dalam upaya kasus pembunuhan Bob Marley dan novelnya memenangkan Man Booker Prize," lanjutnya.

Gara-gara novel tersebut, suara Marlon James menjadi hal yang terpenting dari generasi sastra, hak-hak gay, dan apapun yang ada dalam pikirannya. Sebelumnya Marlon James telah merilis karya lainnya.

Yakni 'Black Leopard', 'Red Wolf' yang merupakan volume pertama dari trilogi yang menjanjikan, dan konsep novelnya seperti JRR Tolkien, George RR Martin, dan Black Panther. "Tapi ini sangat asli, bahasa yang ditulisnya mendapat kekuatan, imajinasinya kuat. Marlon James adalah seorang penulis yang wajib dibaca," tulis Salman Rushdie.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed