Tulus dan Davy Linggar Kolaborasi Tulis Buku 'Yang Juga Mendengar'

Joko Supriyanto - detikHot
Senin, 08 Apr 2019 13:44 WIB
Buku Tulus x Davy Linggar 'Yang Juga Mendengar' Foto: Ismail/detikFoto
Jakarta - Sukses berpartisipasi di Art Jog 2018, karya kolaborasi Tulus dan Davy Linggar kembali diselenggarakan. 'Yang Juga Mendengar' kini juga hadir dalam format buku.

Buku bersampul warna hitam yang diterbitkan oleh Adhvan Media itu merupakan project kolaborasi keduanya yang tak biasa.

"Awalnya kan saya diundang oleh Art Jog 2018, nah di situ saya kepikiran bikin karya kolaborasi. Saya pilih Tulus. Biasanya kan saya yang merespons lirik Tulus ke bentuk visual. Tapi ini saya balik dari gambar, Tulus merespons jadi tulisan," kata Davy Linggar saat ditemui awak media di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan.



Buku 'Yang Juga Mendengar' menceritakan tak hanya manusia saja yang memiliki indera pendengaran. Tapi juga pori kayu, kalsium karbonat dalam cat dinding hingga rongga-rongga halus di kuatnya besi.

Tulis menceritakan dari banyaknya foto yang diberikan Davy Linggar, ia menyeleksinya yang dianggap memiliki 'rasa'.


Buku Tulus x Davy Linggar 'Yang Juga Mendengar'Buku Tulus x Davy Linggar 'Yang Juga Mendengar' Foto: Istimewa

"Saya buka satu per satu setiap lihat gambar yang nemu rasanya. Yang nemu rasanya bisa jadi stimulasi, saya tahu mau ngomong apa, saya tulis, dan pikirkan ketika gambar ini diambil," cerita Tulus.

Menurut keduanya, di dunia ini tak hanya makhluk hidup saja yang bisa 'bersuara'. Tapi juga benda-benda diam lainnya serta tumbuh-tumbuhan.

"Semua makhluk bisa mendengar, seolah-olah seperti sedang menjadi meja atau cermin," ucap Tulus.

Dia kembali melanjutkan, "Harapan kita saat teman-teman isi bagian kosong dalam buku, mau nulis apa. Tulis saja bebas. Semua fotonya direspons oleh pembaca, silakan direspons karena buku ini pengin kasih ruang."

[Gambas:Instagram]


Tonton juga: Davy Linggar X Tulus Buat Buku "Yang Juga Mendengar"

[Gambas:Video 20detik]

(tia/nkn)