detikHot

book

24 Hak Cipta Buku Anak Terjual di Bologna Children's Book Fair 2019

Senin, 08 Apr 2019 11:30 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Komite Buku Nasional/ Istimewa Foto: Komite Buku Nasional/ Istimewa
Jakarta - Sukses menjadi market focus country di London Book Fair, Indonesia juga hadir di Bologna Children's Book Fair 2019. Di ajang pameran buku anak tersebut, Indonesia menjual 24 lisensi atau hak cipta.

Di hari keempat partisipasi, ada 3 judul buku yang terjual ke Penerbit Current Publication Pvt.Ltd, Nepal. Yakni seri 'Cerita Anak Nusantara' sebanyak 4 judul yang ditulis oleh Andi Bianchi dan digambar Caravan Studio.

Seri Wono Winnie Go Green sebanyak 10 judul juga ditulis oleh Andi Bianchi dan digambar Evelline Andrya. Serta Good Characters sebanyak 10 judul ditulis oleh Sri Ulina dan ilustrasi oleh Evelline Andrya.



Dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, ada 94 judul buku yang menarik perhatian 13 penerbit asing. Para penerbit asing ini berasal dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Islandia,Perancis, Albania, Slovenia, Turki, Saudi Arabia, Nepal, Azerbaijan, Tiongkok, dan Brazilia.

Selain itu, di ajang Bologna Children's Book Fair 2019 juga terjadi penandatanganan nota kesepahaman antara Penerbit Kesaint Blanc dan Akdem Agency yang bakal mewakili pemasaran hak cipta penerbit tersebut di Turki.

Sedangkan penerbit dari Rusia, Italia, dan Jerman tertarik untuk mencetak buku anak dengan spesifikasi khusus. Serta kualitas prima di Indonesia.

Nung Atasana, literary agent dari Borobudur Agency yang turut membantu menjual beragam lisensi ke pameran buku internasional menuturkan peran agen hak cipta dalam pameran buku internasional sangat penting.

"Peran kami adalah memaksimalkan keterwakilan sejumlah penerbit dan pengarang dalam menjual hak cipta. Sebagai gambaran, 43 judul dari 94 judul yang serius diminati prospek luar negeri adalah judul-judul dari beberapa penerbit dan pengarang yang diwakili oleh Borobudur Agency, agen hak cipta Indonesia dari IKAPI," pungkasnya.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com