detikHot

Laporan dari Inggris

Tampil di LBF 2019, Penulis 'NKCTHI' Marchella FP Bicara Medsos

Jumat, 15 Mar 2019 16:00 WIB Ken Yunita - detikHot
Tampil di LBF 2019, Penulis NKCTHI Marchella FP Bicara Medsos Foto: Ken Yunita/ detikHOT Tampil di LBF 2019, Penulis 'NKCTHI' Marchella FP Bicara Medsos Foto: Ken Yunita/ detikHOT
London - Buku 'Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini' atau disingkat 'NKCTHI' yang ditulis penulis Marchella FP sukses besar. Hingga kini buku itu telah terjual lebih dari 100 ribu eksemplar.

Lewat sesi 'Consumtion & Media Social' di London Book Fair 2019, Marchella FP berbagi soal bagaimana media sosial membantu untuk mengenalkan karya-karyanya kepada pembaca.

"Jadi sebenarnya aku memulai sosial media dari nol. Berawal dari riset skripsi yang kulempar ke media sosial," cerita Marchella.

"Dan ternyata banyak feedback dari pengguna media sosial lain dan itu kulanjutkan saat aku menulis buku," lanjut Marchella.



Marchella mengakui feedback tersebut sangat berguna untuknya. Dengan begitu, Marchella menjadi tahu sebenarnya apa yang ingin dibaca orang.

"Misalnya aku punya ide untuk bikin buku apa, aku akan lempar ke media sosial, kan aku mau tahu, orang tuh mau nggak sih baca ini. Kalau nggak, ya nggak usah aku bikin," katanya.

"Ide ini nggak cuma soal kontennya ya, tapi juga misalnya bagaimana covernya dan warnanya," katanya.

Dengan cara itu, secara tidak langsung Marchella sudah mengenalkan karyanya yang akan terbit. "Orang kan jadi tahu kalau aku mau bikin buku baru," katanya.



"Jadi promosi buku itu tidak selalu harus ketika karya sudah jadi tapi juga saat kita sedang mempersiapkannya," kata Marchella.

Menurut Marchella, hal itu bisa menjadi teaser untuk pembaca supaya lebih penasaran. Sebelumnya buku 'Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini', lulusan DKV Universitas Bina Nusantara sudah menerbitkan buku 'Generasi 90-an'.


(ken/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com