detikHot

book

Disney akan 'Matikan' Marvel Comics, Benarkah?

Minggu, 03 Mar 2019 11:18 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Marvel Comics
Jakarta - Marvel Comics sedang dalam 'bahaya' karena industri komik di Amerika dalam keadaan krisis. Tersiar kabar Disney kemungkinan mempertimbangkan akan 'mematikan' Marvel Comics. Benarkah?

Spekulasi tentang masalah Marvel Comics bermula dari sebuah siaran pers. Chief Creative Officer Marvel Comics Joe Quesada dan Editor in Chief CB Cebulski dari House of Ideas Marvel akan menghadiri SXSW.

Dalam sesi tersebut, keduanya akan menjelaskan mengenai Marvel Comics yang bertanggung jawab atas keberhasilan di pasar film, televisi, video game, dan merchandise. Seperti dilaporkan Bleeding Cool, panel berjudul 'Marvel: Dari Komik ke Layar Lebar' itu akan melihat kontribusi Marvel Comics pada versi pasar lainnya.



"Semuanya dimulai dengan sebuah ide. Marvel Comics adalah percikan api yang menyala," tulis keterangan pers yang ditulis seperti dikutip detikHOT.

Bleeding Cool juga melaporkan panel di SXSW sebenarnya untuk menyelamatkan Marvel Comics. Selama ini penjualan komik telah berkurang drastis selama bertahun-tahun.

"Mereka perlu untuk menyakinkan Disney dengan menerbitkan ulang komik-komik Marvel merupakan ide bagus. Karena Marvel Comics adalah inspirasi bagi pasar yang menghasilkan uang di Marvel Cinematics Universe," tulis keterangan tersebut.

Mengenai pasar komik di AS yang sedang runtuh, banyak pemilik toko buku yang mengeluhkan hal yang sama. "Penjualan komik di tingkat nasional sangat buruk. Ada komik yang asuk top 100 nasional tapi tidak terjual sampai 20 ribu eksemplar. Sejumlah toko telah tutup, 10 % gerai toko buku di AS tutup," ujar sumber tersebut.
(tia/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com