DetikHot

book

Novel 'Samurai Blasteran' Ceritakan Nilai Positif Budaya Jepang

Senin, 28 Jan 2019 13:37 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Novel Samurai Blasteran Ceritakan Nilai Positif Budaya Jepang Foto: GPU/ Istimewa
Jakarta - Mendengar kata 'samurai' pastinya langsung teringat dengan negara Jepang. Lewat budaya seorang samurai pula, penulis Yunitha Fairani terinspirasi menulis cerita novel yang diberi judul 'Samurai Blasteran'.

Novel yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU) itu menceritakan nilai-nilai positif budaya masyarakat Jepang. Bahkan melalui kegiatan kecil sehari-hari.

"Dalam buku ini saya menulis tentang ekskul olahraga, berdasarkan pengalaman yang saya alami. Latihan intensif dan sistem kompetisi yang dilakukan secara terus-menerus mengisap tenaga dan pikiran para remaja. Mereka tidak lagi mempunyai waktu untuk berkelahi dengan siswa dari sekolah lain," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Senin (28/1/2019).



'Samurai Blasteran' mengungkap bagaimana sekelompok remaja berjuang mewujudkan misi untuk mengharumkan nama sekolah lewat ekskul voli yang mereka geluti. Lewat sudut pandang tokoh utama bernama Ryo, pembaca akan melihat sisi positif tentang keseriusan penduduk Jepang dalam mengerjakan sesuatu.

"Anak-anak belajar makna dari proses yang menjadi rangkaian penting dari disiplin, kerja keras, komitmen, kerja sama, dan fokus mencari tujuan. Para orang dewasa di Jepang juga memberikan contoh nyata lewat perilaku sehari-hari," kata Yunitha.



Novel ini juga menghibur karena menyelipkan humor segar dalam cerita. Di dalamnya juga terdapat tips jika ingin belajar dari sebuah negara yang terbukti banyak menelurkan atlet-atlet tangguh di tingkat dunia.

Sebelumnya, Yunitha dikenal sebagai penulis novel 'Gado-Gado dan Sushi'. Novel terbaru setebal 280 halaman sudah terbit.



(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed