DetikHot

book

'Pasung Jiwa' Okky Madasari Segera Terbit dalam Bahasa Arab Mesir

Jumat, 18 Jan 2019 13:32 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pasung Jiwa Okky Madasari Segera Terbit dalam Bahasa Arab Mesir Foto: Asep Syaifullah/ detikHOT
Jakarta - Okky Madasari sukses menerbitkan buku 'Pasung Jiwa' pada Mei 2013 lalu. Karyanya pun direncanakan segera terbit dalam bahasa Arab Mesir.

"Yang sudah pasti selesai diterjemahkan itu bukunya Okky Madasari ke bahasa Arab Mesir, sebentar lagi selesai. Proses penerjemahannya bareng sama 'The Potion of Twilight' Ratih Kumala," ujar Foreign Rights Manager Gramedia International, Wedha Stratesti Yudha ketika berbincang di Kinokuniya Plaza Senayan, Jumat (18/1/2019).

Pihak Gramedia International pun menuturkan buku 'Kerumunan Terakhir' karya Okky pun sedang direview untuk terbit dalam bahasa Arab Mesir. "Terakhir kabarnya lagi direview," tutur Wedha.



Menurutnya, penerbit internasional yang berminat menerbitkan buku-buku para penulis Indonesia biasanya tertarik dengan tema yang ditulis. Penerbit tersebut biasanya penasaran dengan cerita yang ditulis.

"Indonesia seperti apa, kayak cerita 'Pasung Jiwa' dan 'Gadis Kretek'-nya Ratih Kumala, inin memberitahu masyarakat di neggaranya seperti ini lho cerita di Indonesia," kata Okky.

Rencananya, 'Pasung Jiwa' versi Arab Mesir bakal terbit tahun ini. "Iya, tahun ini juga," pungkasnya.

'Pasung Jiwa' menceritakan tentang empat tokoh utama dalam novel ini. Ada Sasana, Jaka Wani, Elis, dan Kalina. Keempatnya punya pertalian dan benang merah yang saling mempertemukan.

Cerita bermula dari masa kecil Sasana dan yang merasa terperangkap karena terlahir sebagai laki-laki. Sasana dipaksa bermain piano dan musik klasik, tapi jatuh cinta dengan musik dangdut. Sasana bertemu Jaka Wani yang terjebak dalam kemiskinan.



Perjalanan Sasana dan Jaka Wani belum berakhir, karena ada Elis sosok pelacur yang melayani para buruh pabrik dengan bayaran rendah. Serta Kalina yang ditemukan Jaka Wani ketika meronta di hadapan buruh pabrik.

Okky Madasari merilis novel pertamanya yang berjudul 'Entrok' yang mengisahkan kehidupan di Indonesia pada zaman Order Baru. Novel-novel lainnya pun juga sukses di pasaran seperti 'Maryam' dan 'Pasung Jiwa'. Kedua novel tersebut bersama 'Entrok' berhasil menarik perhatian para pembaca dan akhirnya diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.



(tia/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed