detikHot

book

'One Piece', Manga Terpopuler Jepang dari Era Heisei

Senin, 10 Des 2018 16:47 WIB Tia Agnes - detikHot
One Piece, Manga Terpopuler Jepang dari Era Heisei Foto: Istimewa 'One Piece', Manga Terpopuler Jepang dari Era Heisei Foto: Istimewa
Jakarta - Manga 'One Piece' terpilih sebagai komik terpopuler tahun ini. Seri komik karangan Eiichiro Oda juga sukses terpilih sebagai manga yang latar ceritanya mewakili era Heisei.

Era Heisi merupakan zaman di Jepang yang dimulai pada 8 Januari 1989 sampai sekarang atau sehari setelah kematian Kaisar Showa Hirohito. Era ini pun diprediksi bakal berakhir pada 30 April 2019, atau tanggal Kaisar Akihito melepaskan tahta.

Menurut survei yang dilakukan vendor buku elektronik Jepang bernama Book Live!, survei dilakukan kepada 5653. Mereka diwajibkan memilih satu manga yang paling dibaca sepanjang tahun.



Dari ribuan akun tersebut, sebagian besar memilih 'One Piece'. Salah seorang pengguna mengatakan, "One Piece merupakan mahakarya yang dapat dinikmati anak-anak dan orang dewasa."

Manga ini pertama kali terbit di tahun 1997 dan memiliki lebih dari 90 volume. Sampai sekarang komik 'One Piece' sukses dicetak 320 juta eksemplar.

Selain 'One Piece', manga yang paling banyak dibaca dan dinilai populer di antaranya adalah 'Detective Conan', 'Dragon Ball', 'Chibi Maruko-chan', 'Attack on Titan', 'Fullmetal Alchemist', 'Naruto' sampai 'Gintama'.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com