DetikHot

book

Novel 'Pada Sebuah Kapal' Puncak Kejayaan Nh Dini

Selasa, 04 Des 2018 21:12 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Novel Pada Sebuah Kapal Puncak Kejayaan Nh Dini Novel 'Pada Sebuah Kapal' Puncak Kejayaan NH Dini Foto: Silvia Galikano/CNN
Jakarta - Nh Dini sukses menerbitkan lebih dari 20 karya yang dikenal sampai sekarang. Lewat novel 'Pada Sebuah Kapal', namanya melejit dan sukses sebagai seorang novelis kenamaan.

Novel 'Pada Sebuah' terbit pertama pada 1973 oleh Dunia Pustaka Jaya. Karya tersebut tiga kali dicetak ulang dan baru di tahun 1985 Gramedia mengambil alih penerbitan Nh Dini.

Menurut Ensiklopedia Sastra Indonesia baru pada 1990 'Pada Sebuah Kapal' dicetak ulang lagi oleh GPU.



"Novel itu memang yang menjadi puncaknya. Saya pribadi sebagai pembaca karya sastra juga merasa 'Pada Sebuah Kapal' dan 'La Barka' yang paling digemari pembaca, 'Hati yang Damai juga," kata editor GPU yang pernah menyunting seri 'Kenangan' NH Dini, Widia Kirana ketika dihubungi detikHOT, Selasa (4/12).

Novel 'Pada Sebuah Kapal' Puncak Kejayaan NH DiniNovel 'Pada Sebuah Kapal' Puncak Kejayaan NH Dini Foto: GPU


Sebelum Widia, ada penyunting lainnya yang mengurusi karya-karya Nh Dini.

"Di akhir-akhir itu saya menyunting karya terutama seri 'Kenangan', tapi sesudah itu saya tidak mengurusi lagi," pungkasnya.



Sejak terbitnya novel 'Pada Sebuah Kapal', berbagai pihak merespons positif. Sastrawan H.B. Jassin menuliskan tokoh Sri dalam novel itu telah menemukan eksistensi dirinya sebagai orang yang merdeka, berkehendak dan bertindak.

Sastrawan Nh Dini meninggal dunia setelah kecelakaan lalu lintas di tol Semarang. Ia sempat dirawat di rumah sakit namun nyawanya tidak tertolong dan meninggal dunia di RS Elisabeth, Semarang sore tadi.

Selain dikenal sebagai sastrawan besar, Nh Dini juga ibu dari Pierre Coffin, kreator 'Despicable Me' dan 'Minions'.


Tonton video: Jenazah Nh Dini Dikremasi Besok di Ambarawa

[Gambas:Video 20detik]
(tia/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed