DetikHot

book

Arsip Novel 'Old Man and the Sea' Dilelang Rp 414 Juta

Rabu, 14 Nov 2018 18:11 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Arsip Novel Old Man and the Sea Dilelang Rp 414 Juta Arsip Novel 'Old Man and the Sea' Dilelang Rp 414 Juta Foto: Nate D.Sanders Auction House
Jakarta - Novel 'Old Man and the Sea' karya Ernest Hemingway dikenal ke seluruh dunia. Salah satu surat yang menjadi arsip novel di tahun 1935 dilelang senilai Rp 414 juta.

Tulisan tangan yang ditulis Hemingway pada 8 Mei kepada editornya menjelaskan secara rinci bagaimana penulis dan temannya Henry Strater berjuang mengusir hiu setelah menangkapnya di Pulau Bahamia.

Surat itu menjadi incaran kolektor karena arsip bagi novel 'Old Man and the Sea' yang menginspirais Hemingway menulis cerita. Nate D.Sanders menjual surat itu dan melelangnya dengan harga fantastis yakni Rp 414 juta.



Dokumen Hemingway yang dilelang bukan pertama kalinya dijual ke rumah lelang internasional dan pembaca setia peraih Hadiah Pulitzer berebut mendapatkannya.

Novel 'Old Man and the Sea' terinspirasi oleh anekdot yang diceritakan seorang kawan Hemingway bernama Carlos Gutierrez. Dalam Esquire, edisi April 1936, ia memberitahu tentang seorang lelaki tua yang memancing sendirian di atas perahu kecil di luar Cabanas.

'Old Man and the Sea' menjadi novella yang ditulis oleh Hemingway di Kuba pada 1951 silan dan terbit 1952. Literatur itu menjadi karya fiksi terbesar yang ditulis dan diterbitkan Hemingway sepanjang hidupnya.


(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed