DetikHot

book

4 Warisan Komik Ikonik Stan Lee

Selasa, 13 Nov 2018 11:25 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
4 Warisan Komik Ikonik Stan Lee 4 Warisan Komik Ikonik Stan Lee Foto: Istimewa
Jakarta - Stan Lee meninggal dunia di usia 95 tahun. Sepanjang kariernya sebagai komikus, dia dikenal sebagai pencipta beragam karakter-karakter superhero Marvel.

Berikut 5 warisan komik ikonik yang ditulis oleh Stan Lee, seperti dirangkum detikHOT:



1. Komik Fantastic Four

4 Warisan Komik Ikonik Stan Lee4 Warisan Komik Ikonik Stan Lee Foto: Marvel Comics

Sebelum adanya Marvel, seorang penerbit Martin Goodman bermain golf di tahun 1961 dengan eksekutif DC Comics. Ia menceritakan membuat komik laris 'Justictice League of America'. Sepulang dari bermain golf, Goodman kembali ke kantor dan meminta Stan Lee untuk membuat tim superhero.

Stan Lee bekerja sama dengan Jack Kirby dan menciptakan 'Captain America'. Setelahnya mereka membuat 'Fantastic Four' dan mengembangkan 'metode Marvel' sebagai proses kreatif. Stan Lee menuliskan sebagian besar plot dan Kirby menggambarkannya, sampai mereka pecah kongsi.

Di 'Fantastic Four', lebih dari 100 edisi dituliskan. Tak seperti 'Justice League', 'Fantastic Four' formatnya adalah keluarga dan lengkap dengan kegelisahan, pertengkaran, dan keraguan yang ada dalam karakter-karakter Marvel.

Di komik 'Fantastic Four Annual #3' tahun 1965, Reed Richards dan Sue Storm menikah. Stan Lee dan Kirby pun sempat menjadi cameo di halaman komiknya namun ditendang keluar ketika tak memiliki undangan.

2. Komik Spider-Man

4 Warisan Komik Ikonik Stan Lee4 Warisan Komik Ikonik Stan Lee Foto: Marvel Comics

Stan Lee dan Jack Kirby mencoba mendesain superhero bertemakan laba-laba. Tapi Stan Lee malah beralih ke Steve Ditko. Karakter Spider-Man pertama kalinya muncul dalam topeng merah, seorang kutu buku tapi juga pemberani yang cerdik.

Seorang jurnalis Sean Howe dalam 'Marvel Comics: The Untold Story' menuliskan sentuhan Stan Lee yang cemerlang adalah membuat Peter Parker memberikan parade tanpa henti lelucon-lelucon klise ketika ia mengenakan kostum Spider-Man. "Ini adalah sebuah manifestasi meyakinkan dari pemikiran gugup yang obsesif, ya, tetapi lebih penting pencerah suasana hati yang efektif," tulisnya.

Baru di 'Amazing Fantasy #15', Stan Lee menemukan formula yang pas bagi Spider-Man.

3. Komik X-Men
Setelah komik 'Fantastic Four', 'Spider-Man', 'Hulk', dan 'Thor', Stan Lee muncul dengan istilah baru yakni 'mutan'. Karakter ini lahir dengan kekuatan mereka tapi tidak diperlukan bom radioaktif atau laba-laba. Karakter ini mirip dengan manusia normal.

"Karakter-karakter ini lahir dengan kekuatan mereka. Sebagai hasil dari memiliki kekuatan alami kecuali satu ciri yang membedakan mereka," ujar Stan Lee waktu itu.

4. Komik Iron Man

4 Warisan Komik Ikonik Stan Lee4 Warisan Komik Ikonik Stan Lee Foto: Marvel Comics

Di komik 'Tales of Suspense', Stan Lee memunculkan karakter baru bernama 'Iron Man'. Dalam cover disebutkan sinopsis Iron Man, "Siapa? Atau apa, siapa yang terbaru, dan superhero yang paling sensasional. Dia hidup, berjalan, dan mengalahkan siapapun."

"Saat saya menulis naskah komik 'Iron Man', saya benar-benar merasa sombong dan sedikit malu kepada diri saya sendiri. Saya datang dengan karakter yang mewakili semua orang yang dibenci dan mendorongnya ke tenggorokan mereka. Saya datang dengan karakter pria muda yang membuat persenjataan dan seorang jutawan. Saya ingin dia sangat kaya dan memiliki satu buah kelemahan," kata Stan Lee.

Tonton video 'Bunga hingga Kaleng Sup Penghormatan Terakhir Fans untuk Stan Lee':

[Gambas:Video 20detik]




(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed