ADVERTISEMENT

Manga 'Attack on Titan' yang Ditolak Penerbit Kini Terbit Gratis

Tia Agnes - detikHot
Senin, 05 Nov 2018 16:20 WIB
Manga 'Attack on Titan' yang Ditolak Penerbit Kini Terbit Gratis Foto: istimewa
Jakarta - Komik Jepang 'Attack on Titan' menjadi salah satu manga terpopuler, selain 'Naruto' dan 'One Piece'. Situs majalah Kodansha kini menerbitkan manga tersebut yang pernah ditolak penerbit sekitar 13 tahun yang lalu.

Manga karya Hajime Isayama awalnya berjudul 'Jinrui VS Kyojin' atau 'Humanity vs Giants'. Dilansir dari Anime News Network, Isayama pernah mengirimkan naskah manga tersebut ke kontes Grand Prix Majalah Kodansha di tahun 2006 dan memenangkan kategori 'Fine Work'.



Jauh sebelum itu, ia pernah menyerahkan manganya ke majalah Shonen Jump. Sayangnya ditolak oleh penerbit bergengsi di Jepang tersebut.

Di bawah naungan penerbit Kodansha, Isayama meluncurkan manganya dengan judul 'Titan' di Majalah Bessatsu Shonen milik Kodansha pada 2009. Kodansha pun menerbitkan versi buku yang dikompilasi sampai 26 edisi.

Kodansha Comics pun menerjemahkan dan menerbitkan dalam bahasa Inggris. Sampai saat ini, 'Attack on Titan' memiliki 86 juta kopi di seluruh dunia.

Manga ini pun menginspirasi lahirnya tiga seri anime, dua film live-action Jepang di tahun 2015. Baru-baru ini Warner Bros sepakat untuk mengadaptasi film live-action dengan Andy Muschietti sebagai sutradara.

Manga one-shot 'Attack on Titan' yang menjadi karya awal Isayama kini dapat diunduh secara gratis di Kodansha Comics mulai 1 November lalu.
(tia/doc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT