detikHot

book

4 Ilustrator Bicara soal Kekuatan Gambar di Panggung UWRF

Jumat, 26 Okt 2018 18:09 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/detikHOT
Ubud - Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2019 menghadirkan berbagai forum menarik dengan aneka isu dan tema. Salah satunya mengenai kekuatan gambar yang lebih kuat dari kata.

Ilustrator asal Australia, Kim Toft, yang menggambar soal laut dan bagaimana pentingnya menjaga laut di dunia. "Binatang-binatang laut yang saya gambar tidak seperti pada umumnya yang jelek. Saya melakukan riset dan mencoba bentuk yang menarik agar anak-anak mau membacanya," kata Kim Toft di Taman Baca, Festival Hub UWRF, Ubud, Jumat (26/10/2018).

Ilustrasi menjadi elemen terpenting bagi sebuah buku. Sekar Wulandari Yogaster atau akrab disapa Ndari dari Sukutangan menuturkan gambar di sampul buku bukan hanya bisa menampilkan ribuan kata tapi puluhan ribu kata.

"Ilustrasi di sampul buku mewakili cerita apa yang ada di dalam buku. Saya adalah pembaca buku dan Genta yang membuat ilustrasinya. Sebisa mungkin gambar harus mewakili apa yang ada di buku," tuturnya.




Lewat sampul yang baik dan berkualitas pula, lanjut Ndari, bisa memunculkan pembaca baru. "Saya pikir ada pembaca baru tapi mungkin saja generasi milenial butuh waktu untuk menemukan buku yang sesuai dengan selera mereka. Kami berusaha membuat cover yang bagus," kata Ndari.

Penyelenggaraan UWRF yang mengusung tema 'Jagaditha' masih berlangsung sampai akhir pekan ini. Ada 180 pembicara yang menjadi narasumber di berbagai forum dan festival digelar di beberapa tiket di kawasan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com