detikHot

book

1200 Judul Buku Indonesia Sukses Terjual di Pameran Buku Internasional

Jumat, 26 Okt 2018 08:56 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: London Book Fair 2019 (Tia Agnes Astuti/detikHOT) Foto: London Book Fair 2019 (Tia Agnes Astuti/detikHOT)
Jakarta - Hadirnya Indonesia di berbagai pameran buku internasional membuat penjualan rights (hak cipta) meningkat. Sampai sekarang sudah ada sekitar 1200 judul buku yang sukses terjual.

"Sejak promosi buku-buku Indonesia di berbagai pameran buku internasional kami ikut, sudah ada 1200 judul buku dan ratusan penulis yang melakukan residensi," kata Ketua Harian Komite Pelaksana, Laura Bangun Prinsloo, saat diwawancarai di Honeymoon Guest House, Jalan Bisma, Ubud, Kamis (25/10/2018).

Ada 36 persen kenaikan penjualan saat pameran buku berlangsung dan setelah acara. Kenaikan yang signifikan tersebut juga merupakan dampak dari tamu kehormatan di ajang Frankfurt Book Fair 2015 silam.

"Tidak bisa dipungkiri selain konten yang bagus tapi juga harus jago mempromosikan konten. Dampak dari market focus tidak hanya terjual tapi juga diterjemahkan. Dengan dukungan Bekraf dalam memfasilitasi penerbit-penerbit dan rights agent di pameran bisa membuat penjualan meningkat. Karena kami hadir sendiri, bukan diwakili orang lain," lanjut Laura.

Dia pun menambahkan hal mendasar lainnya yang membuat penjualan meningkat.

"Selama ini kan penerbit Indonesia membeli rights, pola pikir itu yang harus diubah. Saatnya kita yang menjual rights," tukasnya.




(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed