detikHot

book

Komik Masa Kecil Ini Bikin Kamu Nostalgia!

Minggu, 07 Okt 2018 14:04 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa
Jakarta - Komik selalu menjadi bacaan yang menarik bagi setiap orang untuk mengisi waktu luang. Ketika masa kecil, sebagian besar di antara kita pastinya pernah membaca komik-komik di bawah ini.

Berikut 5 komik masa kecil yang bakal membuatmu bernostalgia. Komik apa sajakah? Berikut di antaranya:



1. Crayon Shinchan
Komik Masa Kecil Ini Bikin Kamu Nostalgia!Foto: Shinchan / ist


Ingat dengan cerita anak kecil lucu yang bernama Shin-chan? Pastinya pembaca akan ingat dengan karakter tersebut. Di Indonesia, komik Shin-chan diterbitkan oleh Rajawali Grafiti dan Indorestu Pacific. Komik yang sukses diadaptasi ke anime itu ditulis oleh Yoshito Usui.

Namun tak banyak yang tahu kalau komikusnya meninggal dunia pada September 2009 silam di dasar tebing Gunung Arafune, Jepang, saat mendaki gunung. Kehidupan Shinchan bakal mengingatkanmu akan indahnya masa kecil yang lugu, penuh tawa, dan candaan Shincan yang selalu ajaib.

2. Detective Conan

Komik Masa Kecil Ini Bikin Kamu Nostalgia!Foto: Istimewa


Di antara komik-komik masa kecil yang sudah terbit dan dibaca oleh publik Indonesia dan Jepang, mungkin 'Detective Conan' adalah komik terpajang yang terbit. Pada Agustus 2017 lalu, komik karya Gosho Aoyama mencapai volume ke-1.000.


Komik yang menceritakan tentang detektif Shinichi Kudo yang tubuhnya menyusut setelah diracuni membawa pada petualangan yang seru. Terbit perdana di tahun 1994, komiknya berhasil melahirkan anime. Di masa kecil dahulu, membayangkan menjadi Conan begitu serunya mampu mengungkapkan kasus-kasus kriminal.

3. Doraemon

Komik Masa Kecil Ini Bikin Kamu Nostalgia!Foto: dok. TV Asahi


Sebelum dikenal sebagai anime, Doraemon sudah terlebih dahulu terbit dalam bentuk komik. Komik karangan Fujiko F.Fujio itu terbit perdana sejak 1 Juni 1969 mengisahkan tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 sekolah dasar yang bernama Nobi Nobita yang didatangi robot kucing bernama Doraemon dari abad ke-22.

Sejak rilis, cerita Doraemon telah dikumpulkan dan dibagi ke dalam 45 buku yang dipublikasikan dari tahun 1974 sampai 1996. Serta telah terjual lebih dari 80 juta buku di tahun 1992. Pada 2005, Shōgakukan menerbitkan sebuah serial tambahan sejumlah 5 jilid dengan judul Doraemon+ (Doraemon Plus), dengan cerita yang berbeda dari 45 jilid aslinya.

Komik mengenai Nobita dan Doraemon di akhir ceritanya pasti akan membuat kamu menangis dan bernostalgia yah. Ah, andai saja punya pintu ke mana saja, kantong Doraemon, mesin waktu, baling-balik bambu, sampai senter ajaib.

4. Tintin

Komik Masa Kecil Ini Bikin Kamu Nostalgia!Foto: Komik strip Tintin (dok. BBC)


Tak hanya manga saja yang menjadi bacaan komik kala kecil. Tapi komik Tintin pastinya menjadikan kita ingin menjadi wartawan dan berpetualang. Dalam setiap petualangannya, mulai dari 'Tintin di Tibet', 'Tintin dan Patung Kuping Belah' di Sungai Amazon, sampai 'Tintin di Bulan'.

Tintin tidak sendirian, ada Kapten Haddock seorang pelaut, anjing setia berbulu putih Snowy, dan lain-lain.

5. Dragon Ball

Komik Masa Kecil Ini Bikin Kamu Nostalgia!Foto: Istimewa


Masa kecil dekade 1990an pastinya teringat dengan komik legendaris 'Dragon Ball'. Komik yang mengisahkan tentang perjalanan Goku yang mencari 7 buah bola nagasampai bertemu dengan Guru Kamesennin, Kuririn, Burma, Pikkoro, sampai Bezita.

Cerita Goku tak berakhir, karena ia menikah dengan anak seorang Raja Kerbau bernama Chichi. Mereka punya anak bernama Songohan. Nah, kembali ingat dengan serunya Goku terbang menaiki awan Kinton?
(tia/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com