DetikHot

book

3 Fakta tentang Penulis 'Crazy Rich Asians'

Rabu, 12 Sep 2018 18:05 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
3 Fakta tentang Penulis Crazy Rich Asians 3 Fakta tentang Penulis 'Crazy Rich Asians' Foto: BBC
Jakarta - Film 'Crazy Rich Asians' resmi tayang di Indonesia dan mendapat antusias yang hangat. Kritikus film memberikan review positif seperti Rotten Tomatoes yang memberikan rating 100 persen di penayangan bioskop AS.

Film yang diadaptasi dari novel Kevin Kwan itu terbit pada 2013 lalu. Meledaknya adaptasi 'Crazy Rich Asians' membuat nama Kevin Kwan turut melejit. Siapakah dia?

Berikut 3 fakta penulis 'Crazy Rich Asians' itu:

1. Berasal dari Keluarga Kaya Raya Singapura

Kevin Kwan lahir di Singapura dan pindah ke AS di usia 12 tahun. Ia adalah putra dari keluarga kaya raya di Singapura. Di AS, ia belajar seni lalu bekerja sebagai seorang konsultan kreatif.

Kehidupan keluarganya yang kaya raya itulah yang membuat Kevin Kwan terinspirasi menulis cerita. Dari 'Crazy Rich Asians', ia menulis trilogi lainnya 'China Rich Girlfriend' dan 'Rich People Problems'.



Meski berasal dari keluarga dan lingkungan kaya raya, Kevin Kwan tidak termasuk dalam daftar orang kaya di Asia, seperti yang juga digambarkan dalam novelnya.

2. Mangkir dari Wamil

Di antara berita kesuksesan mengenai filmnya, tersiar kabar penulis asal Singapura itu mangkir dari kewajibannya sebagai warga negara untuk wajib militer (wamil).

Di tahun 1990, Kevin Kwan tidak mendaftarkan diri untuk wamil meskipun sudah mendapatkan pemberitahuan. Ia pun diketahui dua kali mengajukan diri untuk meninggalkan kewarganegaraan.



"Kevin Kwan mangkir dari wajib militer di tahun 1990 meskipun surat pemberitahuan itu dikirim ke alamatnya di luar negeri. Dia juga tidak memiliki izin untuk tinggal lama di luar negeri," ujar Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan.

3. Salah Satu dari 100 Orang Berpengaruh Versi TIME

TIME kembali merilis daftar 100 orang paling berpengaruh tahun ini. Penghargaan kepada 100 orang terbaik versi TIME itu kali ini memasukkan nama dua orang penulis kenamaan yakni Kevin Kwan.

Karyanya mampu membawa pembaca pada fakta mengenai kehidupan orang kaya Asia yang gila. Novel triloginya bestseller sejak 2013 dan disukai penggemarnya. Dalam testimoni di TIME disebutkan Kwan tahu bagian kecil dan konyol manusia dan berhasil menuliskannya.

"Kwan tidak fokus untuk membuat orang Asia keren, dia fokus untuk membuat cerita kita utuh. Hal-hal yang kita banggakan, bagian-bagian yang kita coba sembunyikan, hati yang luar biasa, mengalahkan semuanya," tulis Produser dan Sutradara Lee Daniels.



(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed