DetikHot

book

Disensor di Hong Kong, Begini Cerita Novel Baru Haruki Murakami

Kamis, 26 Jul 2018 13:17 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Disensor di Hong Kong, Begini Cerita Novel Baru Haruki Murakami Disensor di Hong Kong, Begini Cerita Novel Baru Haruki Murakami Foto: Istimewa
Jakarta - Novel Haruki Murakami yang berjudul 'Killing Commendatore' disensor di Hong Kong. Pemerintah setempat mengeluarkan batasan dan aturan terhadap novel yang dianggap vulgar dan mengandung cerita seksualitas tersebut.

Sebenarnya bagaimana cerita dari novel yang bakal terbit di Inggris dan AS tahun ini?

Cerita 'Killing Commendatore' mengisahkan tentang seorang protagonis yang berprofesi sebagai pelukis potrait. Usai bercerai dari istrinya, ia tinggal sementara di sebuah rumah tua milik seniman terkenal Amada Tomohiko.



Amada mengidap demensia yang kini sudah berusia 92 tahun. Dalam novel disebutkan terdapat karakter yang disebut narator. Terkadang narator mendengar suara gemerisik samar-samar di malam hari dari loteng.

Khawatir ada tikus, ia pun naik ke atas loteng dan menemukan hal yang tak terduga. Ada lukisan besar bersampul kertas cokelat dan berukuran besar. Sebuah label terlampir di lukisan tersebut bertuliskan 'Killing Commendatore'.

Setelah diselidiki, ternyata lukisan tersebut awalnya ditemukan oleh Amada dan mengisahkan era Jepang kuno. Karya yang dilukis dengan gaya tradisional Jepang itu menampilkan empat tokoh utama. Seorang pria muda menusukkan sebilah pedang ke dalam dada pria yang lebih tua. Sementara seorang perempuan muda dan pelayan laki-laki melihat dengan kaget.

Di sudut kiri bawah, ada satu karakter lagi yang menjadi seorang saksi menyembul keluar dari lubang tanah. Narator menjadi terobsesi dengan setiap adegan.



Dalam bab lainnya, narator terbangun di malam hari dengan keheningan yang tak wajar. Nyanyian tak berujung dan akrab dengan suara-suara jangkrik. Ketika pergi ke dapur ia mendengar bunyi bel, yang lalu berasal dari sebuah kuil kecil dan di belakangnya ada gundukan pemakaman.

Adegan awal di atas akan membawa pembaca pada cerita di lingkungan rumah Amada. Novel penuh misteri dan teka teki masih menyisakan tanda tanya panjang bagi pembaca.

"Novel terbaru Murakami penuh dengan kaya imajinasi yang menakjubkan. Dan salah satu karya terbesar dari Haruki Murakami," tulis Penerbit Harvill Secker yang merilis novel Murakami dalam bahasa Inggris.

Karya terbaru Haruki Murakami yang terkenal detail itu akan terbit di AS pada 9 Oktober 2018 dan di Inggris pada November 2018.



Tonton juga video: 'Novel 'Rembulan Tenggelam di Wajahmu' Siap Difilmkan'


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed